KPU Kab Bandung Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten, Hari ini Baru 16 Kecamatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung hari ini melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan

KPU Kab Bandung Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten, Hari ini Baru 16 Kecamatan
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bandung di Sutan Raja Hotel Soreang, Senin (29/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung hari ini melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bandung di Sutan Raja Hotel Soreang, Senin (29/4/2019).

Dalam Rapat Pleno Terbuka ini rencananya digelar selama tiga hari ke depan 29 April sampai 1 Mei 2019. Dan di hari pertama ini beragendakan pembacaan hasil rekapitulasi 16 kecamatan saja dari total 31 kecamatan di Kabupaten Bandung.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya menuturkan sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2019 tentang tahapan pemilu untuk kabupaten/kota bisa dilaksanankan tanggal 20 April samapi 7 Mei nanti.

Jadi berdasarkan aturan tersebut kemungkinan besar pembacaan rekapitulasi tingkat kabupaten ini bisa dijalankan secara pararel tidak harus menunggu seluruh kecamatan selesai di kabupaten/kota tersebut.

"Dan kita akan melakukan hal yang sama, yang penting adalah persiapaan. Hari ini ada 16 kecamatan sudah siap (pembacaan rekapitulasi) kemudian 15 kecamatan berikutanya (sisa) besok pun kita sudah siap," katanya di sela kegiatan, Senin (29/4/2019).

Jalan Letjen Mashudi Jatinangor Rusak, Diduga Sering Dilintasi Kendaraan Besar Proyek Tol Cisumdawu

Agus menuturkan untuk hari ini masih ada sekitar 3 kecamatan yang baru akan menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan. Tiga kecamatan tersebut di antaranya Kecamatan Baleendah, Cileunyi, dan Dayeuhkolot.

"Kendalanya karena memang ini jumlah TPS. Rekapitulasi kan dari TPS langsung ke PPK otomatis beban di PPK jadi sangat besar karena harus membaca tiap TPS. Biasnaya tps yg banyak ini memakan waktu lama," ungkapnya.

Namun sesuai dengan predisksi KPU, proses rekapitulasi ini paling lama sekitar 10-11 hari. Dan itu sudah bisa diselesaikan sesuai dengan rekapitulasi.

"Kalau memungkinkan pembacaan (rekapitulasi) dilaksanakan 2 hari, hari ini sampai besok malam selesai. Karena hari Rabu kami harap sudah proses administrasi baik itu penggandaan, tandatangan, dan penyerahan dokumen, dan sebagainya," ujarnya.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman Tiup Lilin Ulang Tahun Saat Kembali Ngantor Seusai Diperiksa KPK

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved