VIDEO MEMPERINGATI HUT Kabupaten Bandung

"Yang menarik adalah, adanya seni pencak silat di atas rakit," kata Agus di Situs Situ Sipatahunan, Minggu (28/4/2019).

BANDUNG - Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bandung ke-378, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung, menggelar Festival Situ Sipatuhanan 2019 di Situs Situ Sipatahunan, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Minggu (28/4/2019).

Pantauan Tribun Jabar, di Situ Sipatahunan yang berjarak 28 kilometer dari Kantor Pemerintahan Kabupaten Bandung ini, dipadati ribuan orang yang sebagian merupakan Kecamatan Baleendah.

Dalam gelaran Festival Situ Sipatahunan ini, dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukkan kohkol, lodong, rajah bubuka, debus, jaipongan, silat benjang, silat rampak, silat duel, karinding, calung, dan wayang longser.

Yang menarik pada festival tahun ini, yakni adanya arak-arakan kereta kencana, badawang, dodombaan, dan jampana hias, kemudian memamerkan pula kerajinan khas Kabupaten Bandung, yakni wayang serta alat musim bambu.

Fun games untuk warga pun, yaitu balap rakit, lomba mewarnai, kaulinan jamparing, dan gerakan 1.000 flyfox untuk anak negeri, tak lupa dihadirkan untuk memeriahkan rangkain hari jadi Kabupaten Bandung.

Kepala Disparbud, Agus Firman Zaini, mengatakan, ini adalah gelarang ketiga yang dilaksanakan di Situs Situ Sipatahunan kalinya serta antusias diikuti warga Kampug Sipatahunan dan sekitarnya.

"Yang menarik adalah, adanya seni pencak silat di atas rakit," kata Agus di Situs Situ Sipatahunan, Minggu (28/4/2019).

Ia menambahkan, dari tahun ke tahun, situ tersebut ini semakin baik, indikatornya adalah, ikan yang ditanam pada dua tahun lalu masih terpelihara dan tidak dipancing masyarakat.

Agus mengungkapkan, Situs Situ Sipatahunan ini membangun peradaban dan mendorong menjadi destinasi budaya serta wisata pilihan warga Kabupaten Bandung dan kota/kabupaten sekitarnya.

"Sudah layak menjadi kampung wisata budaya dan kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat mampu mempelihara," katanya.

Warga Baleendah, Yani Rohayani (56), mengatakan, ia sengaja datang ke Situs Situ Sipatahunan pada pukul 09.00 WIB, untuk menyaksikan beberapa kesenian khas Kabupaten Bandung.

"Ini kedua kalinya saya ke sini, tahun kemarin saya lihat ada perempuan menari di atas lumpur. Cukup bagus juga," kata Yani di Situ Sipatahunan, Minggu (28/4/2019).

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=EkbNZHLNtF4&feature=youtu.be
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: -
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: yudix
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved