Pemilu 2019

Rombongan Mobil Bawaslu RI Sempat Tertahan di Hutan Cianjur, Ini Penyebabnya

Bawaslu rela masuk ke daerah terpencil di Kabupaten Cianjur, untuk memastikan jalannya pemungutan suara lanjutan di lima TPS, Sabtu (20/4/2019)

Rombongan Mobil Bawaslu RI Sempat Tertahan di Hutan Cianjur, Ini Penyebabnya
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Rombongan komisioner Bawaslu sempat tertahan di hutan kawasan Mande, Kabupaten Cianjur, saat akan memastikan jalannya pemungutan suara lanjutan di lima TPS, Sabtu (20/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI, Rahmat Bagja, rela masuk ke daerah terpencil di kawasan Mande, Kabupaten Cianjur, untuk memastikan jalannya pemungutan suara lanjutan di lima TPS, Sabtu (20/4/2019).

Rahmat harus berganti mobil dari sedan menumpang ke kijang anggota Bawaslu Jabar saat akan mengunjungi empat TPS yang jalannya cukup terjal.

Di tengah perjalanan sekitar hutan saat akan mengunjungi TPS terakhir yang melakukan pemungutan suara ulang, iring-iringan mobil berpapasan dengan mobil truk pengangkut kayu.

Rombongan pun terhenti sekitar setengah jam menunggu truk mencari jalan yang sedikit luas agar bisa berpapasan dengan lancar.

Rombongan komisioner Bawaslu sempat tertahan di hutan kawasan Mande, Kabupaten Cianjur, saat akan memastikan jalannya pemungutan suara lanjutan di lima TPS, Sabtu (20/4/2019).
Rombongan komisioner Bawaslu sempat tertahan di hutan kawasan Mande, Kabupaten Cianjur, saat akan memastikan jalannya pemungutan suara lanjutan di lima TPS, Sabtu (20/4/2019). (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Tiba di lokasi, rombongan Bawaslu RI yang didampingi Bawaslu Cianjur dan KPU Cianjur langsung memastikan pemungutan suara lanjutan berjalan lancar.

"Kedatangan kami, pertama karena kami khawatir adalah pemilih yang berkurang, setelah kami ke sini faktanya kedatangan di semua TPS lebih 75 persen," kata Rahmat di TOS 13 Kampung Sukamahi, Desa Sukamanah, Kecamatan Mande.

Menurutnya, beberapa TPS yang melakukan pemungutan suara lanjutan ini memang memiliki Medan yang cukup berat. Ia berharap kendala tersebut tak menjadi halangan bagi para pengawas untuk tetap bekerja keras.

Bawaslu Cianjur Rekomendasikan Hitung Ulang untuk Pileg Kabupaten di Enam Kecamatan

Plt Bupati Cianjur Kritik KPU, Minta Manajemen Dibenahi Agar Distribusi Logistik Tak Semrawut

Anggota Bawaslu Jabar, Lolly Suhenty, mengatakan, medan yang sulit memang harus dipantau agar semua informasi cepat sampai.

"Sebelumnya Bawaslu sudah bikin peta kerawanan pemilu, satu di antaranya mengenai akses yang sulit dan jauh," kata Lolly.

Lolly mengatakan, medan yang sulit menjadikan informasi juga terlambat dan akhirnya kejadiannya seperti di Mande harus dilakukan pemungutan suara lanjutan.

"Semoga hal ini bisa menjadi catatan serius, medan yang sulit seharusnya bisa diantisipasi lebih awal," katanya.

Lolly mengatakan, hari ini yang melakukan pemungutan suara lanjutan adalah Cianjur, Subang, dan Kota Bekasi.(fam)

Ini Penyebab Banyaknya Petugas KPPS Pemilu 2019 yang Meninggal, Mulai dari Honor hingga Tekanan

KPU Jabar Akan Carikan Santunan untuk Anggota KPPS yang Meninggal dan Sakit

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved