PPK di Purwakarta Mulai Lakukan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilpres dan Pileg 2019

PPK di Purwakarta mulai melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pilpres dan Pileg 2019.

PPK di Purwakarta Mulai Lakukan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilpres dan Pileg 2019
Tribun Jabar/Haryanto
Proses sidang pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilu tingkat PPK Kecamatan Purwakarta di GOR Purnawarman, Sindangkasih, Purwakarta pada Sabtu (20/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Seluruh perolehan suara Pemilu 2019 dari ribuan TPS di Purwakarta sudah berada di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk dilakukan rekapitulasi penghitungan surat suara.

Sidang pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilpres dan Pileg 2019 dilakukan di tiap kecamatan mulai Sabtu (20/4/2019).

Komisioner KPU Purwakarta, Ramlan Maulana, mengatakan ada belasan ribu kotak suara yang isinya mulai dihitung.

"Rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat kecamatan mulai digelar serentak hari ini di 17 PPK. Ada 2.635 TPS yang tersebar di 183 desa dan 9 kelurahan dengan jumlah kotak suara yang cukup banyak," kata Ramlan Maulana saat dikonfirmasi melalui telepon.

Menurut pantauan Tribun Jabar, puluhan saksi parpol dan capres, serta petugas PPK dan panwascam terlihat anteng mengikuti sidang pleno yang digelar di GOR Purnawarman, Sindangkasih, Purwakarta.

Guna mempercepat kinerja rekap, penghitungan ulang setelah dilakukan di TPS itu secara teknis dilakukan dengan dibagi dalam empat kelompok terpisah.

Setidaknya dia menargetkan ribuan kotak suara berisi surat suara maupun C1 yang kembali dihitung itu hingga satu minggu.

Ketua PPK Purwakarta, Akbar Pandu mengaku ada 500 TPS dengan total kotak suara berjumlah 2.500 yang perlu dihitung kembali oleh jajarannya.

"Kami di kecamatan kota mulai hari ini. Rekap perolehan suara Pemilu 2019 di Kecamatan Purwakarta terdapat 500 TPS yang tersebar di 9 kelurahan dan 1 desa," ujarnya.

Akbar menjelaskan rincian teknis penghitungan yang dibagi menjadi 4 kelompok atau panel tersebut.

Panel pertama mendapat tugas merekap sebanyak 130 TPS, yang terdiri dari Kelurahan Ciseureuh 100 TPS dan Desa Citalang 30 TPS.

Panel selanjutnya mengihitung sebanyak 115 TPS yang terdiri dari Kelurahan Nagri Kidul 41 TPS, Nagri Tengah 34 TPS, dan Tega Munjul 40 TPS.

Panel ketiga, kata Akbar, ditargetkan merekap sebanyak 133 TPS yang terdiri dari Kelurahan Nagri Kaler 66 TPS, Cipaisan 35 TPS, dan Purwamekar 32 TPS.

"Panel 4 atau yang terakhir merekap sebanyak 122 TPS dengan terdiri dari Kelurahan Munjul Jaya 52 TPS dan Sindangkasih sebanyak 70 TPS," ucap dia.

22 Kecamatan Lakukan Rekapitulasi, Kapolres Bandung Ajak Masyarakat Tetap Jaga Persatuan

Kotak Suara Pemilu di Purwakarta Mulai Bergeser ke Kecamatan untuk Direkap

Penulis: Haryanto
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved