Pilpres 2019

Nyoblos Bonus Sekantong Cabai di TPS di Ciamis, Ini Kata Ketua KPPS-nya

Untuk bonus unik tersebut Irwan sengaja mendatangkan langsung cabai rawit dari sentra sayur mayur kawasan agropolitan Sukamantri Ciamis.

Nyoblos Bonus Sekantong Cabai di TPS di Ciamis, Ini Kata Ketua KPPS-nya
(TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI)
Nyoblos di TPS 11 Lingkungan Bolenglang RW 05 di bekas pabrik minyak “Gwan Hien” Jl A Yani Ciamis Rabu (17/4/2019),pemilih dapat bonus sekantong cabai rawit (cengek) 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Tidak hanya ibu-ibu, bapak-bapak maupun belia milenial yang mencoblos  Pipres dan Pileg di TPS 11 Lingkungan Bolenglang Rt 01 –Rt 03 RW 05 Kertasari Ciamis Rabu  (17/4) dapat bonus sekantong cabai rawit (cengek).

Usai mencoblos, setelah salah satu jari dicelupkan ke tinta sebelum meninggalkan TPS yang berlokasi di bekas pabrik minyak Gwan Hien Jl A Yani Ciamis tersebut para pemilih diberi hadiah sekantong cabai rawit untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.

“Masing-masing pemilih dapat se kantong cengek (cabai rawit). Se kantong ukuran 1 ons lah, lumayan untuk dibawa pulang ke rumah,” ujar Ketua KPPS TPS 11 Bolenglang RW 05 Kertasari Ciamis, H Irwan Sirojul kepada Tribun Rabu (17/4).

Menurut Irwan, bonus bagi-bagi se kantong cengek bagi pemilih murni gagasan dari dirinya.

“Maksudnya sekalian sosialisasi, memasyarakat cabai rawit. Mengingatkan warga bahwa mengkonsumsi cabai rawit secara langsung lebih baik dari mengkonsumsi saus, aida maupun sambal olahan lainnya. Lebih  langsung alami, cengek direndos” katanya.

Untuk bonus unik tersebut Irwan sengaja mendatangkan langsung cabai rawit dari  sentra sayur mayur kawasan agropolitan Sukamantri Ciamis.

“Ada  cabai rawit domba, cabai rawit sipon maupun cabai rawit local. Banyaknya 219 kantong susai dengan jumlah DPT di TPS 11 ini, total sekitar 25 kg lah. Tidak semuanya dari Sukamantri tetapi juga yang dipanen di halaman sendiri,” ujar  Irwan yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala UPTD/BPP Pertanian Kecamatan Sukamantri tersebut.

Selain untuk dikonsumsi menurut Irwan, cengek bonus nyoblos tersebut sebenarnya juga bisa dipakai untuk benih ditanam di halaman atau kebun masing-masing.

“Jadi untuk kebutuhan dapur, tak perlu lagi beli di warung, tinggal petik di kebun atau di halaman. Yang penting Pileg dan Pilpres sukses, lancer aman. Dan tugas sebagai penyuluh (pertanian) tetap jalan,” katanya.

H Yanto salah seorang warga yang mencoblos di TPS 11 Lingkungan Bolenglang merasa kaget juga usai nyoblos dapat bonus cabai rawit.

“Selama ikut pemilu, baru kali ini dapat bonus usai nyoblos. Dapat cengek, lumayan untuk dibawa pulang direndos,” ujar H Yanto sebagai tertawa.

Di TPS 11 Bolenglang ini dari 219 warga yang masuk DPT, hadir nyoblos sebanyak 203 orang. Dari  201 suara sah, sebanyak 68 suara diraih pasangan 01 (Jokowi-Maaruf)  dan 133 suara diperoleh pasangan 02 (Prabowo-Sandi), Sebanyak 2 suara tidak sah. ( andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved