VIDEO SUASANA MENCOBLOS di Kampung Adat Cireundeu

"Selain itu kami ingin menghargai budaya disini juga, apalagi saat pesta demokrasi seperti ini. Pakaian adat harus tetap dipakai karena Cireundeu kan

PETUGAS Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemumgutan Suara (TPS) 73, Kampung Adat Cireundeu terlihat tampil beda saat pelaksanaan Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

Pantauan Tribun Jabar, di TPS 73 bilik suara disimpan di Bale Kampung Adat Cireundeu tepatnya di atas panggung atau tempat yang biasa digunakan warga kampung adat untuk mengadakan acara.

Sementara petugas KPPS yang tampil beda saat bertugas mereka memakai pakian pangsi atau pakian hitam-hitam lengkap dengan ikat kepalanya, sehingga suasana pencoblosan di kampung adat tersebut berbeda dengan TPS yang lainnya.

Ketua KPPS Kampung Adat Cireundeu, Cep Sutisna, mengatakan, petugas KPPS menggunakan pakaian adat tersebut untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa Kampung Adat Cireundeu masih kental dengan budayanya.

"Selain itu kami ingin menghargai budaya disini juga, apalagi saat pesta demokrasi seperti ini. Pakaian adat harus tetap dipakai karena Cireundeu kan kental dengan budayanya," ujarnya saat ditemui di Kampung Adat Cireundeu.

Ia menambahkan, memakai pakaian adat saat pelaksanaan pemungutan surat suara bukan hanya Pemilu kali ini saja, tetapi pemilu sebelumnya juga petugas KPPS kerap menggunakan pakaian hitam-hitam seperti saat ini.

"Initinya kami menggunakan pakaian seperti ini menyesuaikan saja karena disini kan kawasan adat, jadi gak ada unsur apa-apa," katanya.

Sementara sejumlah warga tampak antusias untuk melakukan pencoblosan, mereka terlihat tertib mengantre dan menunggu panggilan dari petugas KPPS saat hendak menyalurakan hak pilihnya.

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=xnbVcn5dKRw&feature=youtu.be Penulis: Hilman Kamaludin                                                                                                                                                   Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved