Pemilu 2019

Rumah Kerja Relawan 01 Jabar Minta Relawan Tak Terpengaruh Isu yang Mengarah pada Perpecahan Bangsa

Rumah Kerja Relawan 01 Jawa Barat meminta agar semua pihak, untuk tetap tenang menanggapi bermunculanya hasil proses hitung cepat

Rumah Kerja Relawan 01 Jabar Minta Relawan Tak Terpengaruh Isu yang Mengarah pada Perpecahan Bangsa
Tribun Jabar/Cipta Permana
Direktur strategi dan program rumah kerja relawan 01 Jabar, Furqan AMC (kiri), Ketua Dewan Pengarah Rumker 01 Jawa Barat, Ipong Witono (kanan) memberikan penjelasan sikap terkait hasil quick count pilpres 2019 di rumah kerja relawan 01 Jabar, Jalan Sindang Sirna, Bandung, Rabu (17/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rumah Kerja Relawan 01 Jawa Barat meminta agar semua pihak, baik tim pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, maupun masyarakat Indonesia secara umum untuk tetap tenang menanggapi bermunculanya hasil proses hitung cepat (quick count) yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei di media massa juga media sosial.

Berdasarkan hasil penghitungan cepat yang dilakukan salah satu lembaga survey, yaitu Litbang Kompas, telah merilis bahwa hingga pukul 18.36 WIB, pasangan Joko Widodo - KH Ma'aruf Amin unggul dengan raihan 54,19 persen suara atas pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang mendapatkan 45,81 persen, dari total suara masuk secara nasional sebanyak 82,3 persen.

Hasil serupa juga ditunjukan oleh lembaga survei lainnya, di antaranya Indobarometer, dimana pasangan nomor urut 01 unggul 53,81 persen, dari pasangan 02 yang memperoleh 46,19 persen suara. Serta Charta Politika yang menyebut perolehan suara Jokowi-Ma'ruf sebesar 54,17 persen, dan Prabowo-Sandiaga, 45,83 persen.

"Pertama kami ucapkan alhamdulillah, puji syukur kepada Allah, karena semua proses berlangsung baik. Bahkan ada banyaknya kekhawatiran prosesnya akan terganggu atau kurang lancar, justru malah tidak terbukti. Sehingga pencapaian ini merupakan prestasi dari partisipasi seluruh bangsa Indonesia dalam pesta demokrasi kali ini" ujar Ketua Dewan Pengarah Rumker 01 Jawa Barat, Ipong Witono di rumah kerja relawan 01 Jabar, Jalan Sindang Sirna, Bandung, Rabu (17/4/2019).

Sehingga menurutnya, dengan hasil ini menunjukan adanya proses pembelajaran kedewasaan serta kemandirian politik bangsa Indonesia yang di uji dari satu babak ke babak berikutnya dalam penyelenggaraan pemilu 2019. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya insiden yang berpotensi mengganggu kestabilan kondusifitas di tanah air.

Terlebih di masa pasca pemilu seperti sekarang ini, harus menjadi momentum rekonsiliasi bagi masyarakat Indonesia, untuk kembali utuh dengan bergandengan tangan dengan tidak lagi termakan isu hoax yang akan bermunculan, juga upaya polarisasi yang harus di pelihara antara pendukung paslon 01 maupun paslon 02 hingga pada masa selesainya proses penghitungan resmi dari KPU.

"Sehingga ini betul-betul menjadi anugrah bagi bangsa Indonesia yang begitu beragam. Dan sebagaimana kita ketahui begitu melelahkannya seluruh rangkaian proses politik ini, yang begitu menyita tenaga, pikiran, perasaan, dan biaya yang tidak sedikit. Maka kedepan mari kita evaluasi kembali mengenai proses politik yang sangat membebani dan membuat masyarakat terkotak-kotak," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur strategi dan program rumah kerja relawan 01 Jabar, Furqan AMC yang meminta agar hasil quick count sementara, dengan keunggulan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin ini tidak lantas membuat para relawan 01 bereuforia secara berlebihan. Namun tetap berdoa dan bersikap dewasa, sebelum ada hasil final dari KPU.

"Perlu digaris bawahi, hasil ini adalah kemenangan seluruh rakyat Indonesia. Karena kita melihat bagaimana negara lain, memantau proses demokrasi kita yang luar biasa besar ini," ujarnya di lokasi yang sama.

Furqan juga menilai dengan semangat partisipasi masyarakat yang cukup besar untuk menyalurkan hak suaranya ke TPS, membuktikan tingkat kesadaran bangsa Indonesia sudah jauh meningkat dibanding gelaran pemilu di tahun-tahun sebelumnya.

"Bahkan di TPS tempat saya mencoblos yakni TPS 02 Sukaaman, Cicadas, hampir 80 persen dari daftar sudah hadir dan menyalurkan hak suaranya dalam waktu kurang dari tiga jam. Ini merupakan prestasi luar biasa yang harus kita syukuri bagi bangsa Indonesia," katanya. (Cipta Permana).

Demi Nyoblos di Pemilu 2019, Euis Rela Berjalan Gunakan Tongkat ke TPS

Begini Nasib Uang Rp 1 M Lebih yang Ditemukan Polisi Saat Razia di Lamongan

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved