Nyoblos Dulu, Lalu Jalan-jalan, Terus Lihat Quick Count

Akhirnya hari yang dinanti datang juga. Hari ini rakyat Indonesia menentukan pilihan.

Nyoblos Dulu, Lalu Jalan-jalan, Terus Lihat Quick Count
istimewa
Taufik Ismail.

AKHIRNYA hari yang ditunggu-tunggu datang juga. Hari ini, 17 April 2019, Indonesia memilih pemimpin dan wakilnya di legislatif.

Setelah melewati proses yang panjang, dari mulai pendaftaran, seleksi, kampanye, dan masa tenang, Pemilu 2019 memasuki tahap pemungutan suara atau pencoblosan.

Seperti diketahui, Pemilihan Presiden diikuti dua pasangan calon. Untuk pemilu legislatif, ada ribuan mungkin belasan ribu atau puluhan ribu calon anggota dewan dari mulai DPR RI sampai DPRD kabupaten/kota.

Lalu ada juga pemilihan anggota DPD RI. Para calon, baik itu presiden dan wakil presiden, hingga anggota dewan sudah melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian pemilih.

Sekarang, tinggal tugas pemilih untuk menyalurkan hak suaranya.

KPU yang menjadi penyelenggara Pemilu juga melakukan berbagai upaya agar TPS bisa dipadati pemilih. Mereka ingin angka partisipasi pemilih bisa tinggi.

Sayangnya, menjelang pencoblosan, masih saja ada pihak-pihak yang nakal. Mereka tertangkap tangan melakukan politik uang.

Rupiah dijadikan senjata untuk mendulang suara. Mereka seolah tak percaya dengan kemampuan diri sehingga merayu menggunakan materi.

Hal tersebut diduga terjadi di Ciamis; Nusa Tenggara Timur; Polewali Mandar, dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Upaya agar pemilih berbondong-bondong ke TPS juga dilakukan sejumlah pihak. Restoran, tempat wisata, hotel, dan pebisnis memberikan diskon atau promo berkaitan dengan Pemilu 2019.

Halaman
12
Penulis: taufik ismail
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved