Sopir Angkot di Kota Cimahi Diperiksa Kesehatan oleh Jajaran Dishub, Ini Tujuannya

Puluhan pengemudi angkutan kota (angkot) di Kota Cimahi menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Pasar Antri Jalan Sriwijaya Raya Kota Cimahi

Sopir Angkot di Kota Cimahi Diperiksa Kesehatan oleh Jajaran Dishub, Ini Tujuannya
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Puluhan sopir angkot saat melakukan pemeriksaan kesehatan di Terminal Pasar Antri Jalan Sriwijaya Raya Kota Cimahi, Selasa (16/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Puluhan pengemudi angkutan kota (angkot) di Kota Cimahi menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Pasar Antri Jalan Sriwijaya Raya Kota Cimahi, Selasa (16/4/2019).

Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi yang menyiapkan kendaraan Cerdik untuk peningkatan pelayanan deteksi penyakit tidak menular (PTM) kepada masyarakat secara mobile.

Kepala Seksi Angkutan, Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, mengatakan, pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk memastikan kesehatan sopir agar prima ketika mengangkut penumpang.

"Sehingga keselamatan masyarakat bisa terjamin. Apalagi, ritme kerja sopir jelang bulan ramadan meningkat seiring aktivitas masyarakat yang bertambah," ujarnya saat ditemui disela pemeriksaan.

VIRAL Video Pencurian Kotak Amal di Masjid Agung Cimahi Terekam CCTV, Pelakunya Dua Orang

Menurutnya, menjelang bulan puasa tingkatan kerja sopir angkutan umum akan meningkat, sehingga pihaknya harus terlibat untuk menciptakan awak angkutan yang sehat.

"Jika hasil pemeriksaan dokter tidak dalam kondisi fit kami menghimbau pengemudi harus beristirahat, saat ini keluhannya rata-rata sakit pinggang, pegal, hiperensi," katanya.

Sedangkan apabila kondisinya tidak siap untuk menarik penumpang berdasrakan hasil diagnosa dokter, pihaknya akan menyarankan untuk tidak bawa kendaraan karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Seorang sopir angkot yang melakukan pemeriksaan kesehatan, Iwan Hermawan (46), mengatakan, saat menarik penumpang ia tidak banyak mengalami keluhan kesehatan.

"Kalau sudah terasa pusing saya selalu istirahat, kemudian minum obat saja. Bahkan kalau libur saya malah banyak terasa," katanya.

Sambangi Cianjur, Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi Jamin Keamanan Kondusif Jelang Pemilu

Hari Ini 16 April Dirgahayu Kopassus, Ini Sosok Idjon Djanbi Peletak Dasar Pasukan Komando Khusus

Apa dan di Mana Kegiatan Jokowi Usai Nyoblos di TPS Gambir? Begini Jawabannya

Ada di Mana Prabowo Seusai Mencoblos, Besok? Berikut Informasinya

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved