Soal Status Tanah Kolam Renang Berglust Cimahi, Pemkot Cimahi Segera Temui Polres Cimahi

Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, akan memastikan status tanah Kolam Renang Berglust yang diklaim merup

Soal Status Tanah Kolam Renang Berglust Cimahi, Pemkot Cimahi Segera Temui Polres Cimahi
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Komunitas Tjimahi Heritage saat menelusuri Kolam Renang Berglust atau Berkleus 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, akan memastikan status tanah Kolam Renang Berglust yang diklaim merupakan aset milik Polres Cimahi.

Polres Cimahi sendiri sudah mengklaim bahwa kolam renang bersejarah tersebut merupakan aset miliknya dan memiliki dokumen atau surat yang masih lengkap.

Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Budi Raharja, mengatakan bahwa pihaknya akan bertemu dengan Polres Cimahi untuk memastikan status tanahnya dengan melihat dokumen dan sertifikat lahan dan bangunan tersebut.

"Tapi itu masih simpang siur harus ditelusuri dulu kebenarannya, kalau pun memang bisa dikelola sama Pemkot, saya akan pelajari dulu kolam renang itu Cagar Budaya atau bukan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (16/4/2019).

Budi juga mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk melarang alihfungsi kolam renang tersebut karena tidak memiliki Perda Cagar Budaya.

Kolam Renang Berglust Merupakan Aset Polres Cimahi, Terkait Peruntukannya Kini Masih Dikaji

Terkait opsi untuk tukar guling lahan, kata Budi, tidak memungkinkan karena pihaknya terkendala lahan lain yang akan diberikan ke Polres Cimahi untuk mengganti lahan kolam renang tersebut.

"Kalau untuk tukar guling, lahan di Kota Cimahi ini kan terbatas, tapi saya akan konsultasi dulu ke Pak Wakil (Ngatiyana) baiknya seperti apa," kata Budi.

Ketua Komunitas Tjimahi Heritage, Machmud Mubarok, menyarankan agar Pemkot Cimahi mendekati jajaran Polres Cimahi apabila status tanah kolam renang Berglust merupakan aset Polres.

"Ini kan dulunya merupakan satu di antara tujuan wisata karena Cimahi ini membutuhkan tempat wisata semacam itu dan Berglust memiliki potensi wisata," ujarnya belum lama ini.

Menurutnya, setelah pendekatan, Pemkot Cimahi bisa saja meminta tukar guling dengan aset yang ada atau aset yang belum dimanfaatkan agar nantinya Pemkot Cimahi bisa sepenuhnya mengelola kolam renang bersejarah tersebut.

"Kalau tidak seperti itu kondisinya akan tetap seperti ini (terbengkalai) dan Polres juga tidak mungkin memanfaatkan tanah ini sebagai tempat wisata karena bukan ranah mereka," katanya.

Kecuali, kata Machmud, ada pihak ketiga atau investor yang siap memberikan dana, sehingga meski kolam renang tersebut asetnya milik Polres Cimahi, bisa dikelola oleh investor maupun Pemkot Cimahi.

"Seperti pemakaian Pasar Antri Baru kan selama 30 tahun HGB oleh swasta, tapi pengelolaan bangunannya swasta. Nah ini juga sama bisa seperti itu," kata Machmud.

Menelusuri Kolam Renang Berglust dan Hotel Emma di Cimahi, Tempat Bersejarah Peninggalan Belanda

VIDEO KOLAM RENANG BERKLUST Dipakai Uji Nyali

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved