Sekitar 60 Persen TPS di Sumedang Pakai Tenda, Kalau Hujan Besar, TPS Pindah

Tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019 di Kabupaten Sumedang hampir 60 persen berada di luar gedung atau hanya dilindungi tenda.

Sekitar 60 Persen TPS di Sumedang Pakai Tenda, Kalau Hujan Besar, TPS Pindah
tribunjabar/haryanto
ilustrasi Pemilu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Deddi Rustandi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG – Tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019 di Kabupaten Sumedang hampir 60 persen berada di luar gedung atau hanya dilindungi tenda.

Untuk Pemilu 2019, KPU menyiapkan 3.631 TPS yang tersebar di 26 kecamatan.

Namun karena musim hujan, petugas di kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) diminta untuk bisa mengantisipasi jika hujan besar mengguyur.

“Sekitar 60 persen TPS dibuat di luar ruangan dan pasang tenda. Sekarang musim hujan dan kami meminta ke petugas di TPS atau KPPS untuk mengantisipasi memindahkan TPS ke dalam ruangan atau gedung jika hujan besar mengguyur,” kata Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, di ruang media center Pemkab Sumedang, Selasa (16/4/2019).

Mahfud MD Tidak Pernah Percaya Visi Misi Capres dan Caleg Karena Hal Ini

Menurutnya, petugas di TPS harus melihat cuaca saat sedang berlangsung pencoblosan.

“Kalau hujan besar dan bisa menganggu proses pemungutan suara diminta untuk memindahkan TPS ke dalam ruangan di seketar lokasi TPS,” katanya.

Ia mengatakan, saat akan memindahkan TPS ke tempat yang aman atau ke ruangan, sebelumnya harus koordinasi dulu dengan para saksi parpol, saksi presiden, dan juga pengawas pemilu.

“Sebelumn memutuskan harus pindah ke ruangan, harus koordinasi dan bersepakat dengan para saksi parpol dan pengawas pemilu. KPU sudah menyampaikan antisipasi seperti itu ke penyelenggara pemilu di tingkat TPS,” katanya.

Ogi mengatakan, H-1 menjelang pencoblosan, distribusi logistik Pemilu 2019 dari panitia pemungutan suara (PPS) di desa-desa menuju ke KPPS.

“Saat distribusi logistik dari PPS ke KPPS terjadi hujan dan saya sudah meminta supaya jangan didistribusikan dulu, menunggu hujan reda. Walapun logsitik yang didistribusikan itu sudah aman karena dilindungi dan dibungkus plastik,” katanya.

Pemilu 2019 di Sumedang diikuti pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 864.168 orang terdiri dari 430.774 laki-laki dan 433.394 perempuan.

KPU juga mencatat ada 55 pemilih pemula yang pas berusia 17 tahun pada 17 April 2019 ini.

Sebanyak 1.739 orang disabilitas juga tercatat sebagai pemilih.

TPS di Sumedang Tidak Gunakan Tenda, Tetapi Gedung Permanen

Pastikan Surat Suara Anda Sah, Perhatikan 5 Hal Berikut Saat Pencoblosan di Pemilu 2019

Penulis: Deddi Rustandi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved