Ridwan Kamil Bakal Beri Hadiah Total Puluhan Juta Rupiah untuk Selfie Terkeren bagi Pemilih di TPS

Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan memberikan hadiah senilai total puluhan juta rupiah untuk para penyelenggara dan pemilih yang kreatif

Ridwan Kamil Bakal Beri Hadiah Total Puluhan Juta Rupiah untuk Selfie Terkeren bagi Pemilih di TPS
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Selasa (16/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan memberikan hadiah senilai total puluhan juta rupiah untuk para penyelenggara dan pemilih yang kreatif dalam pemungutan suara Pileg dan Pilpres 2019, 17 April 2019.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengatakan dalam setiap kategorinya, ia akan memberikan hadiah Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 5 juta untuk pemenang ketiga.

"Saya akan apresiasi TPS dengan dekorasi terunik, uang Rp 15 juta untuk TPS pemenang pertama, Rp 10 juta untuk yang kedua, dan Rp 5 juta untuk yang ketiga," kata Emil dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Selasa (16/4/2019).

Emil mengatakan hadiah serupa juga akan diberikan kepada TPS dengan angka partisipasi pemilih tertinggi se-Jabar. TPS terheroik se-Jabar dalam menyelenggarakan pemilu pun akan diberikan tiga urutan hadiah serupa.

"Untuk TPS yang terheroik, kami akan melihat dari versi wartawan. Biar wartawan yang menentukan mana TPS paling heroik," katanya.

Tidak hanya untuk penyelenggara pemilu, Emil pun menyediakan hadiah dengan besaran serupa untuk para pemilih. Lomba untuk para pemilih ini adalah lomba berfoto di depan TPS, selfie atau wefie.

"Untuk pemilih, akan ada lomba selfie terunik di depan TPS dengan gaya paling unik dan aman. Hadiahnya sama, Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta pemenang kedua, dan Rp 5 juta pemenang ketiga," katanya.

Caleg di Lamongan Angkut Uang Rp 1 Miliar Pakai Mobil, Ternyata untuk Bayar Saksi Pemilu 2019

Emil menekankan lomba foto selfie atau wefie ini harus aman atau bersifat netral tanpa menunjukkan dukungan terhadap salah satu calon presiden atau legislatif. Foto pun dilakukan di depan TPS, bukan di dalam TPS atau bilik suara.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan anggaran untuk hadiah dengan total Rp 80 juta tersebut berasal dari dana operasional Gubernur Jabar Ridwan Kamil, tidak dianggarkan secara langsung oleh Pemprov Jabar.

"Itu dana pribadi, dana operasionalnya beliau (Gubernur) dalam rangka pesta demokrasi yang diiringi kegembiraan, dana operasionalnya ini untuk pemilih dan penyelenggara. Ini spontanitas menggunakan operasional beliau," katanya.

Plt Rektor Unpad : Siapapun Rektornya pada 2020 Unpad Harus Masuk 500 Besar Terbaik di Dunia

Hal ini, kata Iwa, selain untuk memeriahkan Pemilu 2019, juga untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih yang ditargetkan 80 persen di Jabar. Iwa mengatakan pihaknya pun optimistis target 80 persen tersebut bisa tercapai.

"Kami optimistis karena semua tahapan tidak ada kendala berarti. Dari laporan KPU pun dinyatakan kondusif, TPS di Jabar relatif semua bisa dijangkau walau ada yang kena banjir tapi sudah diantisipasi," katanya.

Iwa pun bisa menyimpulkan Pileg dan Pilpres 2019 bisa berlangsung lancar, kondusif, dan menghasilkan pemimpin yang dikehendaki.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved