4 Hal Ini Perlu Dilakukan untuk Kesiagaan Hadapi Bencana

"Ini dilaksanakan untuk menumbuhkan kesadaran dan kedewasaan masyarakat serta keseiapsiagaan terhadap risiko bencana khususnya di wilayah Jawa Barat y

4 Hal Ini Perlu Dilakukan untuk Kesiagaan Hadapi Bencana
Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Ir Bernardus Wisnu Widjaja selaku Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bandung, Selasa (16/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2019, akan digelar di Lembang, Jawa Barat, Jumat (26/4/2019).

Ir Bernardus Wisnu Widjaja selaku Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan bahwa kegiatan tersebut bukan untuk menakut-nakuti masyarakat.

"Ini dilaksanakan untuk menumbuhkan kesadaran dan kedewasaan masyarakat serta keseiapsiagaan terhadap risiko bencana khususnya di wilayah Jawa Barat yang berpotensi adanya pergerakan Sesar Lembang," kata Ir Bernardus Wisnu Widjaja di Bandung, Selasa (16/4/2019).

Sebagai langkah kesiapsiagaan, Wisnu mengatakan bahwa seluruh masyarakat harus memahami terlebih dahulu bentuk ancamannya.

Ia mengibaratkan bencana seperti kesehatan manusia, yang divonis menderita kolestrol tinggi dan berpotensi gagal jantung, maka upaya pencegahan semisal menjaga jenis makanan harus dilakukan.

Puncak Perayaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Digelar di Lembang

Pihak BNPB saat ini sedang memeriksa dan mendata lokasi patahan di Jawa Barat. Selama bangunan tidak berada di atas patahan, maka Wisnu mengatakan bangunan tersebut akan aman.

"Gempa itu tidak menyebabkan korban, yang mengakibatkan adanya korban ialah bangunan yang tidak siap. Solusinya, persiapkanlah bangunan yang kuat, khususnya yang berada di atas patahan Lembang. Tata ruang, Tata bangunan, bahkan hingga perabotan harus diperhatikan," katanya.

Wisnu membagikan empat hal yang harus diperhatikan sebelum bencana terjadi sebagai dasar kesiapsiagaan :

1. Pahami karakteristiknya, gempa buminya, dampaknya seperti tanah longsor dan kebakaran.

Halaman
12
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved