Rawan Terkena Banjir, 150 TPS di Kabupaten Bandung dan Indramayu Bisa Bergeser Lokasinya

KPU Jabar siap merelokasi 150 TPS di Kabupaten Bandung dan Indramayu yang rentan tergenang banjir.

Rawan Terkena Banjir, 150 TPS di Kabupaten Bandung dan Indramayu Bisa Bergeser Lokasinya
tribunjabar/haryanto
Simulasi pencoblosan di Purwakarta. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - KPU siap merelokasi 137 TPS di Kabupaten Bandung dan 13 TPS di Kabupaten Indramayu yang sangat rentan tergenang banjir pada masa pemungutan dan pengitungan suara pada 17 April 2019.

Berbagai perlengkapan pemilu yang rusak akibat cuaca di sejumlah daerah pun sudah diganti dengan yang baru.

Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis, Endun Abdul Haq, mengatakan, berdasarkan pantauan sampai Senin (15/4/2019), 13 TPS di Indramayu masih bisa didirikan di tempat semula.

Namun jika cuaca berubah dan menyebabkan banjir, pihaknya telah menyediakan opsi kedua.

"Sudah ada pemetaan dari mereka dan (KPU Kabupaten Indramayu) menyatakan kesiapannya. Kalau daerahnya banjir, lokasi TPS digeser ke lokasi yang sudah disepakati," kata Endun Abdul Haq di Kantor KPU Jabar, Senin.

Hal serupa dilakukan terhadap 137 TPS di Kabupaten Bandung.

Jika banjir tak kunjung surut atau ada ancaman banjir kembali pada 17 April 2019, maka TPS digeser ke tempat yang aman dan terjangkau.

Distribusi logistik dan pembagian formulir C6 atau undangan mencoblos di kawasan banjir ini, katanya, sempat dilakukan menggunakan perahu karena banjir.

Penyelenggaraan pemungutan suara di kawasan ini pun, dikoordinasikan dengan Polri serta TNI, juga BPBD setempat, diawasi oleh Bawaslu.

Komisioner KPU Jabar Divisi Logistik, Nina Yuningsih, mengatakan cuaca hujan sempat menghambat distribusi perlengkapan pemilu ke sejumlah daerah sehingga merusak sejumlah kotak suara di Cianjur, Cirebon, dan beberapa tempat lainnya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved