Nasib Miris Itoc Tohija di Persidangan, Datang Pagi Jaksa Datang Siang, Itoc Pun Sempat Pingsan

Nasib miris dialami mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tohija, terdakwa kasus korupsi penyalahgunaan dana APBD Cimahi 2006

Nasib Miris Itoc Tohija di Persidangan, Datang Pagi Jaksa Datang Siang, Itoc Pun Sempat Pingsan
Tribunjabar/Mega Nugraha
Itoc Tohija duduk di kursi roda saat sidang di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Nasib miris dialami mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tohija, terdakwa kasus korupsi penyalahgunaan dana APBD Cimahi 2006 untuk pembangunan Pasar Cibeureum, saat akan menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (15/4/2019).

Itoc Tohija datang sebelum pukul 10.00, dijemput dari Lapas Sukamiskin karena ia juga terpidana kasus suap yang sudah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi. Di pengadilan, Itoc Tohija duduk menggunakan kursi roda.

Saat memasuki ruang pengadilan, Itoc Tohija yang mengenakan kursi roda terpaksa harus turun dan berdiri terlebih dulu dari kursi rodanya, karena akses jalan di samping ruang III tidak tersedia lajur khusus untuk kursi roda dua.

Pun saat memasuki ruang sidang 3, kursi rodanya harus diangkat lebih dulu bagian depannya. Sebagai gambaran, akses jalan untuk kursi roda dua di Pengadilan Negeri Bandung tersedia di bagian lobi, ruang tunggu hingga toilet. Akses masuk menuju ruangan belum tersedia, sehingga kursi roda yang hendak masuk harus diangkat dulu.

Persidangan dengan agenda pembacaan tanggapan jaksa atas eksepsi Itoc Tohija dimulai sekitar pukul 11.30. Namun, sidang pun ditunda karena kondisi kesehatan Itoc Tohija yang tidak memungkinkan. Di persidangan pun, ia harus disuplai oksigen portable.

Persib Bandung vs Borneo FC di 8 Besar Piala Indonesia, Miljan Radovic Hadapi Ujian Mario Gomez

"Sidang pekan sebelumnya sudah disepakati sidang hari ini dimulai lebih pagi supaya Pak Itoc tidak terlalu lama menunggu. Tapi tadi jaksanya tidak datang lebih pagi," ujar Binsar Sitompul, penasihat hukum Itoc usai persidangan.

Pantauan Tribun, jaksa Fauzi Sanjaya sendiri datang ke PN Bandung kurang lebih pukul 11.00. Binsar meminta persidangan ditunda karena kondisi Itoc yang sakit.

"Tadi pagi datang beliau sempat tergeletak. Pas mau sidang kondisinya sudah tidak memungkinkan, jadi kami minta ditunda, kan kalau persidangan harus sehat. Pak Itoc sakit jantung dan paru-paru," kata dia.

Jaksa dari Kejari Cimahi, Fauzi Sanjaya menepis ia datang terlambat dan sudah datang sejak pagi bersamaan dengan Itoc.

"Enggak terlambat, tadi datang bersamaan. Kan yang jemput terdakwa juga dari kejaksaan. Belum lagi tadi Pak Itoc sempat pingsan pas turun dari mobil. Jadi kami tunggu siuman dulu," ujar Fauzi.

Fotonya dengan Prabowo Curi Perhatian, Adik Ahok, Fifi Lety Singgung Keberhasilan BTP di Pilgub DKI

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved