Menteri LHK Resmikan Fasilitas Pengelolaan Sampah eks TPA Cicabe, Begini Tanggapan Wali Kota Bandung

Menteri LHK Siti Nurbaya, meresmikan penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah Pusat Daur Ulang (PDU) eks tempat pembuangan akhir Cicabe,

Menteri LHK Resmikan Fasilitas Pengelolaan Sampah eks TPA Cicabe, Begini Tanggapan Wali Kota Bandung
Tribun Jabar/ Cipta Permana
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, menjawab pertanyaan para awak media, usai menjadi pembina upacara peringatan BLA Ke-73 di Halaman Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana Kota Bandung, Minggu (24/3/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, meresmikan penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah Pusat Daur Ulang (PDU) eks tempat pembuangan akhir Cicabe, Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Senin (15/4/2019).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti bersama Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Menteri LHK, Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Kabupaten Bandung, Dadang M. Nasser.

Peresmian tersebut merupakan satu dari enam fasilitas pengolahan sampah DAS Citarum yang dibangun oleh Kemnterian LHK di 6 (Enam) Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, pihaknya sangat mendukung Program Citarum Harum ini, Terlebih program pemerintah pusat tersebut selaras dengan Program Pemkot Bandung yaitu Kurangi, Pisahkan, Mamfaatkan sampah (Kang Pisman).

"Walau pun Kota Bandung tidak langsung dialiri Sungai Citarum, tapi 14 anak sungai yang ada di Kota Bandung bermuara ke Citarum. Oleh karena itu dengan kolaborasi program Kang Pisman dan Bank Sampah yang sudah berjalan di Kota Bandung, tentunya kita harapkan bersama bisa mengurangi sampah yang bermuara ke Sungai Citarum," ujarnya usai peresmian.

6 Kabupaten/Kota di Jabar Dapat Fasilitas Pengelolaan Sampah dari KLHK, Ini Nama-nama Daerahnya

Peresmian PDU ini merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018, tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.

Dimana KLHK memiliki tugas untuk mempercepat pelaksanaan dan keberlanjutan kebijakan pengendalian DAS Citarum melalui operasi pencegahan, penanggulangan pencemaran dan kerusakan serta pemulihan DAS Citarum.

"Penyediaan sarana dan prasarana PDU yang diberikan kepada Kabupaten dan Kota Bandung, juga Kota Cimahi ini bisa menampung 10 ton perhari. Dan dilengkapi dengan fasilitas pengomposan yang punya kapasitas 10–30 ton/hari," ucapnya.

Usai Hadiri Peresmian Fasilitas Pengelolaan Sampah, Ridwan Kamil Bicara Soal Pemilu 2019

Dalam rangakaian peremian tersebut, KLHK juga memberikan bantuan berupa Bank Sampah Induk (BSI) yang berkapasitas satu ton per hari di enam lokasi Kabupaten/Kota yaitu, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi. Serta

Selain itu, diberikan juga bantuan lainnya berupa 60 tempat sampah terpilah, 35 unit motor sampah roda tiga untuk di enam daerah tersebut. (Cipta Permana)

BREAKING NEWS: Bawaslu Temukan 3 Kasus Dugaan Money Politic di Jabar pada Masa Tenang, Ini Lokasinya

Jejak Abu Bakar Baasyir, Diburu Berkali-kali Sejak Masa Soeharto, Tumbang Lagi di Era SBY

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved