Luncurkan Mobile Puskesmas, Ridwan Kamil: Ini Jawaban Aspirasi Warga Jabar Soal Pelayanan Kesehatan

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku senang dapat meluncurkan inovasi di bidang kesehatan terutama dalam memberikan pelayanan

Luncurkan Mobile Puskesmas, Ridwan Kamil: Ini Jawaban Aspirasi Warga Jabar Soal Pelayanan Kesehatan
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Jawa Barat meluncurkan Mobile Puskesmas (MPUS) di Alun-alun Cililin, Bandung Barat, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, CILILIN - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku senang dapat meluncurkan inovasi di bidang kesehatan terutama dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

Menurutnya, Mobile Puskesmas (MPUS) ini sebagai jawaban dari keluhan dan aspirasi warga Jabar khususnya daerah terpencil yang jauh dari puskesmas dan rumah sakit.

"Kami pahami bahwa indeks pembangunan manusia Jabar itu tinggi di bidang pendidikan dan rendah di kesehatan salahsatunya pelayanan. Maka kami hadirkan MPUS ini," katanya di Alun-alun Cililin, Senin (15/4/2019).

MPUS, lanjut Emil disiapkan Pemprov Jabar sebanyak lima unit yang siap hadir ke daerah gunung dan daerah terpencil dengan pelayanannya setara puskesmas pada umumnya namun yang membedakan ada tele medicine.

"Jumlah desa di Jabar ada 5.000 dan tentu jumlah lima unit masih tak cukup. Tapi, dalam lima tahun ini kami siap perbanyak MPUS. Kami juga akan terus membangun rumah sakit salahsatunya mewacanakan membangun RSHS di Jatinangor," ujarnya.

Ini Tips Memilih Katering Pernikahan Lengkap Berkualitas Ala Mustika Sangkuriang

Dalam pelayanan MPUS ini Emil yang didampingi dr Siska menyebut ada dua dokter, dua perawat, satu driver, dan satu operasional. Ketika disinggung prioritas penyakit yang dilayani oleh MPUS ini, Emil mengatakan pelayanan kesehatan seperti pada puskesmas yang melayani warga umum dan fokuskan pada kesehatan ibu serta anak.

"Kami juga prioritaskan tempatkan MPUS ini di KBB dahulu mulai minggu depan. Dan nanti setiap minggunya akan berkeliling ke daerah lain. Jadwalnya pun nanti jika sudah banyak akan disesuaikan," ucapnya.

Pilrek Unpad Ditunda Lagi, Menristekdikti Tunjuk Prof Dr Rina Indiastuti SE MSIE sebagai Plt Rektor

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved