Lebih dari 7000 Petugas Bawaslu Kota Bandung Awasi Politik Uang dan Pelanggaran Pemilu 2019

Bawaslu Kota Bandung mengerahkan 7107 petugas untuk mengawasi Pemilu 2019. Ribuan petugas dikerahkan untuk mencegah adanya politik uang, aktifitas k

Lebih dari 7000 Petugas Bawaslu Kota Bandung Awasi Politik Uang dan Pelanggaran Pemilu 2019
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zaky Muhammad Zamzam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bawaslu Kota Bandung mengerahkan 7107 petugas untuk mengawasi Pemilu 2019.

Ribuan petugas dikerahkan untuk mencegah adanya politik uang, aktifitas kampanye, serta mengawasi pemungutan dan penghitungan suara di hari H.

"Bawaslu Kota Bandung sampai tingkat TPS mengerahkan 7107 petugas yang dikerahkan semua ke seluruh TPS hingga hari H pencoblosan dan masa tenang kampanye," ujar ketua Bawaslu Kota Bandung, Zaky Muhammad Zamzam, ketika ditemui di kantornya, Jalan Leo, Kota Bandung, Senin (15/4/2019).

Zaky mengatakan petugas pengawasan yang sudah dilantik diberikan bimbingan teknis (Bimtek).

"Pengawas TPS kita melakukan bimtek selama 2 kali, mereka itu sudah terorganisasi di grup WhatsApp supaya nanti pada saat pelaksanaan atau bahkan di hari tenang ini mereka tetap komunikasi, koordinasi dengan pengawas di atasnya kemudian," ujarnya.

Bawaslu Kota Bandung Catat Sejumlah Pelanggaran Selama 8 Bulan Masa Kampanye

Zaky menambahkan, para petugas pengawas wajib melaporkan peristiwa yang terjadi di setiap TPS nanti melalui aplikasi yang disebut Siwaslu.

"Ada kewajiban mereka untuk melakukan pelaporan secara aplikasi untuk setiap peristiwa yang terjadi di TPS atau bahkan sebelum di masa tenang mereka harus melaporkan tapi memang laporan itu langsung ke server Bawaslu RI," ujarnya.

"Tidak melalui kami, makannya kami mengidentifikasi supaya laporan itu sampai ke kami data manual laporan itu atau informasi laporan ke kelurahan laporan ke pengawas kecamatan dari kecamatan ke kita (Bawaslu Kota Bandung)," ujarnya.

Zaki pun menghimbau kepada masyarakat aktif melapor jika menemukan dugaan politik uang dalam Pemilu 2019.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat pemilih di Kota Bandung, ketika ada informasi terkait money politic langsung kontak ke kami, nanti kami akan telusuri, investigasi dan tindakan lebih lanjut ke gakumdu," ujarnya.

Anggota Polres Sumedang Pindah Tempat Tidur ke TPS Demi Amankan Pemilu 2019

1.861 Personel Siap di Kabupaten Bandung, Polisi Siapkan Perahu dan Truk Jemput Korban Banjir ke TPS

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved