Kolam Renang Berglust Merupakan Aset Polres Cimahi, Terkait Peruntukannya Kini Masih Dikaji

Wakapolres Cimahi, Kompol Irwansyah, memastikan bahwa tempat bersejarah Kolam Renang Berglust merupakan aset milik Polres Cimahi.

Kolam Renang Berglust Merupakan Aset Polres Cimahi, Terkait Peruntukannya Kini Masih Dikaji
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Komunitas Tjimahi Heritage saat menelusuri Kolam Renang Berglust atau Berkleus 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Wakapolres Cimahi, Kompol Irwansyah, memastikan bahwa tempat bersejarah Kolam Renang Berglust beserta bangunannya yang berlokasi Jalan Sukimun, RT 1/4, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi resmi merupakan aset milik Polres Cimahi.

Irwansyah mengatakan, kepemilikan tanah kolam renang yang saat ini kondisinya terbengkalai tersebut bisa dipastikan karena Polres Cimahi memiliki dokumen atau sertifikat yang asli dan semuanya masih lengkap.

"Dokumen masih lengkap, kemarin kita sudah kumpulkan penghuni asrama, kalau mereka merasa memiliki bisa sampaikan ke kami, karena kami memiliki dokumen asli," ujarnya saat ditemui di Lapangan Rajawali, Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi, Senin (15/4/2019).

VIDEO KOLAM RENANG BERKLUST Dipakai Uji Nyali

Warga Menolak Kolam Renang Berkleus Jadi Lokasi Uji Nyali, Lebih Baik Digali Sejarahnya

Beberapa tahun yang lalu, kata Irwansyah, pihaknya sudah berencana untuk memperdayakan kolam renang tersebut, namun karena harus ada sejumlah mekanisme yang harus ditempuh, akhirnya rencana tersebut hingga saat ini belum terealisasi.

"Kolam renang masuk wilayah kita dan asrama pun masih milik Polres Cimahi. Untuk kolam dulu kami sudah pernah melakukan pembersihan," katanya.

Bahkan, pihaknya beberapa waktu lalu, sudah mengeluarkan surat edaran ke penghuni asrama agar menjaga tempat tersebut agar tidak dipasang alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019.

Disinggung terkait peruntukan kolam renang yang memiliki luas tanah 2000 meter persegi dan memiliki nilai sejarah tersebut diserahkan ke Pemkot Cimahi untuk dikelola, Irwansyah menyebut pihaknya masih harus melakukan kajian.

Nasib Berkleus, Kolam Renang Bersejarah di Kota Cimahi yang Dibangun Tahun 1920-an

"Kami harus meminta saran dan masukan dulu ke tingkat atas, apakah nantinya akan tetap dijadikan cagar budaya atau seperti apa, jadi kami harus melakukan pendalaman lagi," katanya.

Untuk sementara pihaknya mengizinkan warga setempat untuk memelihara kolam renang tersebut agar kondisinya bisa terurus dan tidak terbengakali seperti saat ini.

"Karena kalau dikosongkan akan semakin rusak, sambil menunggu kajian bisa dipelihara oleh warga, sebab kami membutuhkan anggaran untuk mengelola itu," ujar Irwansyah.

BREAKING NEWS: Bawaslu Temukan 3 Kasus Dugaan Money Politic di Jabar pada Masa Tenang, Ini Lokasinya

BREAKING NEWS: Bawaslu Kota Bandung Akui Telah Menemukan Kasus Dugaan Money Politic di Masa Tenang

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved