Kobong Masjid di Ciwidey Bandung Ambruk dan Nyaris Menimpa Rumah Warga

bangunan kobong masjid ambruk dan nyaris menimpa rumah warga di RT 01/07 Kampung Malingping, Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung

Kobong Masjid di Ciwidey Bandung Ambruk dan Nyaris Menimpa Rumah Warga
Istimewa
Kobong masjid ambruk dan nyaris menimpa rumah warga di RT 01/07 Kampung Malingping, Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, CIWIDEY- Tak mampu menahan gerusan air, bangunan kobong masjid ambruk dan nyaris menimpa rumah warga di RT 01/07 Kampung Malingping, Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (15/4/2019).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mencatat bangunan kobong Masjid ambruk terjadi pada pukul 17.00 WIB. Peristiwa tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas deras terjadi di lokasi tersebut.

"Jadi kobong sarana ibadah di Masjid Al Ikhlas tidak kuat menahan debit air yang besar akibat hujan deras. Akibatnya ambruk ke bawah dan nyaris menimpa rumah warga," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Sudrajat melalui pesan singkat, tadi malam.

Masjid Al Ikhlas tersebut berada di ketinggian jadi benteng pondasi (TPT) masjid longsor dengan tinggi 5 meter dan lebar 8 meter. Selain nyaris menimbun sebuah rumah, material longsor tersebut juga menutup akses jalan desa di lokasi tersebut.

"Reruntuhan bangunan masjid dan kobong menutup akses jalan menuju ke TPS masih belum dibersihkan dan satu rumah terancam atas naman Ujang Suhendar," ujarnya.

6 Titik Longsor Jalan Raya Kuningan-Cikijing Dibersihkan, Mobil yang Sempat Terjebak Bisa Melintas

Tembok Penahan Tanah di Cisitu Sumedang Ambruk, Sebuah Mobil Tertimpa Longsoran Tanah

Akibatnya satu kepala keluarga dengan jumlah 3 jiwa diungsikan ke rumah saudaranya yang tak jauh dari TKP. Beruntung tidak aja korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Dampak kerusakan 1 unit Masjid Al Ikhlas dan kobongnya ambruk tergerus air dengan debit kencang. Selain itu 1 unit motor rusak ringan," katanya.

Menurutnya BPBD telah melakukan assesment dengan berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat, pihak desa, dan muspika setempat. BPBD telah menghimbau masyarakat sekitar agar selalu waspada bila kembali terjadi hujan deras. 

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved