Pemilu 2019

Kapolres Purwakarta: Jika Ada Perusuh yang Mengancam Jiwa Orang Lain di TPS, Lumpuhkan di Tempat

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius memperbolehkan anggotanya untuk melakukan tindakan tegas terukur atau tembak di tempat jika . . .

Kapolres Purwakarta: Jika Ada Perusuh yang Mengancam Jiwa Orang Lain di TPS, Lumpuhkan di Tempat
Tribun Jabar/Haryanto
Polres Purwakarta gelar apel pergerakan pasukan pengamanan TPS Pemilu 2019 di Kabupaten Purwakarta, di Mapolres Purwakarta Ciseureuh, Purwakarta, Senin (15/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius memperbolehkan anggotanya untuk melakukan tindakan tegas terukur atau tembak di tempat jika ada pelaku yang membuat rusuh di TPS dan membahayakan nyawa orang lain.

Hal itu dikatakan oleh Matrius usai menggelar apel pergerakan pasukan pengamanan TPS pemilu 2019 di Kabupaten Purwakarta.

"Bila terjadi gangguan keamanan yang mengakibatkan ancaman terhadap masyarakat atau petugas di TPS, personel Polri di tempat bisa melumpuhkannya dengan senjata yang ada," kata Matrius saat ditemui di Mapolres Purwakarta, Ciseureuh, Purwakarta, Senin (15/4/2019).

Matrius menjelaskan jika tindakan tegas terukur itu boleh dilakukan oleh anggota Polres Purwakarta yang bertugas mengamankan proses Pemilu 2019. Khususnya petugas keamanan yang bertugas mengamankan TPS.

Matrius mengatakan tindakan tersebut telah sesuai dengan perintah dari Kapolri, Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dalam hal pengamanan Pemilu serentak 2019.

Fotonya dengan Prabowo Curi Perhatian, Adik Ahok, Fifi Lety Singgung Keberhasilan BTP di Pilgub DKI

Tindakan tembak di tempat pun, kata Matrius harus dilakukan dengan syarat jika perusuh mengancam jiwa.

"Bila gangguan itu mengancam jiwa. Saat petugas memegang senpi, tembak saat itu juga untuk melumpuhkannya," ujar dia.

Tidak hanya senpi, dalam pengamanan kali ini jajarannya membekali para anggotanya dengan pentungan yang terbuat dari rotan.

Jika tidak memegang senpi, petugas diinstruksikan untuk tidak ragu menggebuk pengganggu keamanan selama pesta demokrasi berlangsung.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved