Pemilu 2019

H-2 Pencoblosan Pemilu 2019, Logistik di Kabupaten Cirebon Sudah 99 Persen Rampung

Hingga H-2 menjelang pencoblosan Pemilu 2019, kesiapan logistik di Kabupaten Cirebon sudah 99 persen rampung, mulai dari kotak suara hingga formulir.

H-2 Pencoblosan Pemilu 2019, Logistik di Kabupaten Cirebon Sudah 99 Persen Rampung
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Petugas KPU Kabupaten Cirebon sedang melakukan pelipatan surat suara tambahan untuk DPR RI di gudang penyimpanan logistik KPU, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Hingga H-2 menjelang pencoblosan Pemilu 2019, kesiapan logistik di Kabupaten Cirebon sudah 99 persen rampung, mulai dari kotak suara hingga formulir.

Sementara itu, kekurangan logistik di Kabupaten Cirebon tinggal form C1 akibat pengirimannya yang tidak serentak. Otomatis, KPU masih terus melakukan pengesetan hingga hari ini.

"Maksimalnya hari ini sudah selesai. Kekurangan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP) sudah datang tadi malam pukul 21.30 WIB dan kami segera melakukan pengesetan," ujar Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/4/2019).

Menurutnya, logistik yang sudah sampai di PPK, bisa segera diturunkan ke PPS, seperti bilik suara dan formulir. Targetnya, logistik tersebut sudah sampai ke tingkat PPS maksimal H-1 pencoblosan.

"Adapun kotak suara yang dulu rusak terkena air huja sudah diganti, bahkan sudah didistribusikan ke PPK," katanya.

Dia menambahkan, berdasarkan PKPU Nomor 9 tahun 2019 Pasal 46, bagi pemilih yang sudah hadir di TPS dan sedang mengantre untuk pencoblosan, bisa tetap dilanjutkan meskipun sudah pukul 13.00 WIB.

Kesiapan Logistik untuk Pemilu 2019 di KPU Kota Bandung Sudah Capai 97 Persen

Akan tetapi, jika belum terdaftar dan datang tiba-tiba pada pukul 13.00 WIB, maka tidak dapat mencoblos.

Berdasarkan simulasi pencoblosan, satu orang bisa memamakan waktu sekitar 5 menit. Oleh sebab itu, batas waktu pencoblosan pada pukul 13.00 dinilai cukup cepat.

Sementara itu, hingga hari ini, belum ada lembaga survei yang mendaftar kepada KPU.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved