Pemilu 2019

H-2 Pemilu 2019, Sejumlah Warga Kota Bandung Belum Terima Formulir C6, Bawaslu Tanggapi Begini

H-2 pencoblosan Pemilu 2019, sejumlah warga di beberapa wilayah di Kota Bandung mengeluhkan belum mendapat formulir C6 dari petugas

H-2 Pemilu 2019, Sejumlah Warga Kota Bandung Belum Terima Formulir C6, Bawaslu Tanggapi Begini
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Ilustrasi: Suasana pendaftaran atau mengurus formulir A5 (formulir untuk pindah lokasi mencoblos atau memilih pada Pemilu 2019) di Kantor KPU Kota Bandung, Rabu (10/4/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - H-2 pencoblosan Pemilu 2019, sejumlah warga di beberapa wilayah di Kota Bandung mengeluhkan belum mendapat surat undangan pencoblosan di TPS atau formulir C6 dari petugas penyelenggara pemilu di tingkat kewilayahan.

Aldi Rinaldi (29) warga Cipamokolan, Kecamatan Rancasari mengaku, khawatir dengan belum didapatnya formulir C6 bagi ia dan keluarganya.

Bahkan menurutnya beberapa tetangga dan warga lainnya pun alami hal yang serupa.

"Kami bingung dengan kondisi ini, masa sampai H-2 masih belum terima formulir C6, apalagi selain saya, banyak warga lainnya di satu RT bilangnya juga belum terima. Kami bingung harus gimana," ujarnya saat ditemui di wilayah Riung Bandung, Senin (15/4/2019).

Hal senada juga dikeluhkan oleh Sari Widiarti (34) warga Kelurahan Babakan Ciparay.

BREAKING NEWS: Bawaslu Temukan 3 Kasus Dugaan Money Politic di Jabar pada Masa Tenang, Ini Lokasinya

Menurutnya, upaya menemui kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) di wilayahnya, namun jawaban yang ia terima hanyalah diminta bersabar untuk menunggu, sebab warga daerah lainnya pun mengalami hal sama.

"Dari H-4 sampai sekarang keluarga kami belum dapat C-6, saya khawatir kalau misalnya ada apa-apa dengan pemilu ini. Semoga pihak yang berwenang bisa cepat lakukan solusi," ucapnya di rumahnya.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung, Farhatun Fauziyah meminta, agar masyarakat yang belum mendapatkan formulir C6 tidak hanya menunggu dari petugas, tetapi juga harus memiliki kesadaran, dengan pro aktif mengecek identitasnya apakah terdaftar atau tidak di daftar pemilih tetap (DPT) setempat melalui laman sistem KPU.

Antisipasi Praktik Money Politic, Bawaslu Majalengka Bentuk Tim Khusus

"Kalau sudah dipastikan terdaftar di DPT, tidak mendapat formulir C-6 pun dia sudah punya keyakinan terdaftar, tinggal datang ke TPS mana yang sesuai dngan tercantum di sistem KPU. Apabila belum mendapat C-6 dan belum yakin juga terdaftar atau tidak di sistem KPU, mohon berkoordinasi dengan Ketua RT, RW, KPPS, atau langsung ke petugas PPS di kelurahan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (15/4/2019).

Farhatun menambahkan, bahkan sejak H-3 kemarin juga banyak masyarakat yang masih bertanya-tanya bagaimana cara pindah memilih.

Kesiapan Logistik untuk Pemilu 2019 di KPU Kota Bandung Sudah Capai 97 Persen

Padahal lanjutnya, sejak jauh hari pihaknya dan KPU, serta penyelenggara pemilu lainnya telah melakukan sosialisasi tentang proses mendapatkan formulir A5 atau tercantum dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) namun masih banyak masyarakat yang belum paham atau tidak mengerti hingga batas waktu berakhir.

"Jadi kembali kami himbau agar masyarakat aware kalau memang peduli dengan pemilu, dan kami harap masyarakat peduli dengan penyelenggaraan dan turut menyukseskan gelaran pesta demokrasi ini, karena dapat menentukan nasib kita semua lima tahun kedepan," katanya. (Cipta Permana).

Hasil Undian 8 Besar Piala Indonesia, Persib Bandung vs Borneo FC, Madura United vs Persebaya

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar Apresiasi Asprov Jabar Dukung Iwan Bule Jadi Ketua PSSI

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved