Bawaslu Ciamis Temukan Dugaan Politik Uang pada Dinihari, Caleg Terancam Dicoret

Bawaslu Ciamis menindaklanjuti temuan dugaan money politic atau politik uang yang diduga dilakukan di sebuah rumah warga di Ancol Sindangkasih Ciamis

Bawaslu Ciamis Temukan Dugaan Politik Uang pada Dinihari, Caleg Terancam Dicoret
KOMPAS / LASTI KURNIA ILUSTRASI
Ilustrasi politik uang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Bawaslu Ciamis menindaklanjuti temuan dugaan money politic atau politik uang yang diduga dilakukan di sebuah rumah warga di Ancol Sindangkasih Ciamis, Senin (15/4/2019) sekitar pukul 00.30 dinihari.

Dua orang pelakunya diduga timses salah seorang caleg DPR RI dari salah satu parpol peserta pemilu 2019 yang “tandem” dengan caleg partai yang sama untuk tingkat Kabupaten Ciamis. Satu orang lagi warga lokal yang diduga sebagai petunjuk jalan.

“Terduga pelakunya keduanya berasal dari luar Ciamis. Seorang dari Sumatera dan seorang lagi dari Kalimantan. Mereka masih di Ciamis, diminta tidak meninggalkan Ciamis,” ujar Ketua Bawaslu Ciamis, Uce Kurniawan, kepada Tribun dan wartawan lainnya disela-sela kegiatan di Polres Ciamis, Senin (15/4/2019).

Menurut Uce, Senin (15/4/2019) dinihari tersebut Komisioner Bawaslu Ciamis yang sedang melakukan patroli pengawasan mendapat laporan adanya dugaan money politic yang terjadi di sebuah rumah warga di Dusun Ancol  Sindangkasih.

Setelah berkoordinasi dengan Panwascam setempat, komisioner Bawaslu langsung mendatangi lokasi kejadian.

Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 di Kota Bandung Sudah Sampai di Semua Kecamatan

Jelang Pilpres 2019, Jokowi Dijamu Raja Salman Sambil Umrah, Prabowo Wujudkan Nazar Istimewa

Di lokasi kejadian sudah diamankan satu tas kantong kresek berisi amplop dan uang  masing-masing berisi pecahan uang Rp 20.000 dan uang pecahan Rp 5.000 serta kartu nama.

Uang pecahan tersebut ada yang sudah dimasukkan ke dalam amplop dan ada yang masih dalam kantong keresek. 

“Jumlah uangnya masih dihitung secara rinci,” katanya.

Kasus dugaan money politic ini, menurut Uce, itu juga langsung ditindaklanjuti di sentra Gakumdu yang melibat anggota polisi, kejaksaan dan komisioner Bawaslu Ciamis.

Sesuai dengan ketentuan pidana pemilu, kata Uce, bila dugaan politil uang tersebut terbukti, pelaku diancam hukuman kurungan penjara.

Selain itu, caleg yang terlibat politik uang terancam dicoret dari posisinya sebagai caleg.

Mengantisipasi kemungkinan terjadinya praktek politik uang selama masa tenang ini menurut Uce, Bawaslu Ciamis terus melakukan patroli pengawasan siang dan malam.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved