Produk IKM Cirebon Berpeluang Besar Diekspor ke Korea, Punya Keunggulan Tersendiri

Produk IKM dari Cirebon berpeluang besar diekspor ke Korea. Pemkab akan berupaya memfasilitasi.

Produk IKM Cirebon Berpeluang Besar Diekspor ke Korea, Punya Keunggulan Tersendiri
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Seorang perajin ketika sedang menghaluskan produk peralatan rumah tangga berbahan rotan di Rotan Tegalwangi, Desa Kaliwulu, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon terus berupaya memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam memberikan peluang jaringan penjualan.

Hal itu dilakukan agar produk yang dihasilkan dapat bersaing di berbagai pasar baik offline, online, atau ekspor sehingga membuahkan hasil yang luar biasa.

Tahun 2019, sejumlah IKM mengikuti program Comprehensive Industrial Coaching (CIC) yang telah memasuki pasar offline dan online. Bahkan ada juga yang sedang dalam proses penjajakan ekspor.

"Program CIC telah dilaksanakan selama tiga bulan. Di mana peserta telah mengikuti pelatihan, pendampingan, dan fasilitasi terkait inovasi produk dan kemasan. Ada juga tenyang standarisasi produk dan strategi pemasaran," ujar Kepala Disperdagin Kabupaten Cirebon, Deni Agustin, di Kedawung, Cirebon, Jumat (12/4/2019).

Deni menambahkan, kegiatan temu kemitraan bisnis juga sebagai bentuk memfasilitasi pemasaran produk IKM dengan mitra bisnis.

Dalam kegiatannya, kata Deni Agustin, sejumlah mitra bisnis turut hadir mulai dari unsur pengusaha ritel dan kafe yang memang memiliki potensi.

Deni menambahkan, sejumlah produk IKM di Kabupaten Cirebon sangat bisa bersaing di pasar offline dan online bahkan pasar ekspor.

Menurutnya, meski secara formal sudah berjalan tapi pihaknya akan terus mengawal agar lebih banyak lagi produk IKM yang bisa melalukan ekspor.

"Kita sekarang bisa lihat, bahwa produk-produk IKM sangat bagus. Mulai dari kemasan produk yang inovatif dan higienis. Bahkan dalam proses ekspor yang tengah dijajaki akan terus kami lakukan pendampingan," katanya.

Seorang pengusaha ritel, Mualim mengatakan, pasar produk lokal di retail modern masih sangat terbuka. Pihaknya excited akan produk IKM yang ada di Kabupaten Cirebon karena memiliki keunggulan tersendiri.

"Kami akui ini sangat bagus dibanding daerah lain. Produk IKM sangat mudah untuk bisa sukses di pasar retail", ucapnya.

Manager Ekspor PMA, Rohima mengatakan, produk IKM Kabupaten Cirebon sangat berpotensi untuk ekspor ke Korea.

"Peluang ekspor ke Korea sangat terbuka sekali," kata dia.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved