Jelang Hari Tenang, Bawaslu Kabupaten Cirebon Ingatkan Para Peserta Pemilu Terkait Hal Ini

Jelang hari pencoblosan pada Pemilu 2019 yang dilaksanakan tanggal 17 April, Bawaslu Kabupaten Cirebon terus intens melakukan berbagai persiapan.

Jelang Hari Tenang, Bawaslu Kabupaten Cirebon Ingatkan Para Peserta Pemilu Terkait Hal Ini
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Bawaslu Kabupaten Cirebon menggelar Bimtek Penyelesaian Sengketa Pemilu di Kabupaten Cirebon, Hotel Apita Cirebon, Jumat (12/4/2019) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Jelang hari pencoblosan pada Pemilu 2019 yang dilaksanakan tanggal 17 April, Bawaslu Kabupaten Cirebon terus intens melakukan berbagai persiapan.

Khususnya peningkatan SDM bagi jajaran anggota Bawaslu hingga level paling bawah.

Kegiatan tersebut tertuang dalam "Bimbingan Teknis Penyelesaian Sengketa Pemilu di Kabupaten Cirebon" di Hotel Apita Cirebon, Jumat (12/4/2019) sore.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir, menyebutkan, bimtek yang dilakukan dalam upaya lebih memberikan penekanan dari segi keilmuan perihal kualitas personil di level Panwascam hingga pengawas TPS.

Menurutnya, sengketa Pemilu yang kerap timbul dari para pesertanya tentu harus diantisi dalam memberikan solusi penanganan dan penyelesaian kedepan jika terjadi.

"Jadi kami wanti-wanti terus kepada para personel di lanagan. Kalo bisa jangan sampai ada yang sakit dan tetap jaga stamina karena hari pencblosan semakin dekat. Makanya Bimtek ini dirasa lebih tepat agar mereka bisa lebih memahami perihal aturan sengketa pemilu," katanya.

KPU Gelar Sosialisasi di RSJ, Ini Pertanyaan yang Dilontarkan Pasien di Sana

Dia menyebutkan, tiga golongan peserta pemilu yakni Capres dan Cawapres, DPD dan Parpol yang tentunya harus juga memahami aturan dan mekanisme dalam Perbawaslu.

Jikka terjadi permasalahan sengketa, lanjut kata dia, tentunya agar bisa cepat bisa dilakukan penanganan intens.

"Apalagi jelang hari tenang yang berlangsung pada Minggu (14/4/2019) pukul 00.00. Ini harus lebih difahami bagi mereka para peserta agar tidak mengadakan kegiatan kampanye lagi. Jika itu tetap dilakukan maka siap saja untuk berhadapan dengan tim Gakumdu," tambahnya.

Menurut Abdul Khoir, potensi money politc (Politik uang) juga kerap menjadi kewaspadaan dalam mendekati hari pencoblosan.

Sejumlah Mahasiswa dan Pemuda Cabut Atribut Kampanye Pemilu 2019 yang Memaku Pohon

Sengketa pemilu bisa diselesaikan pada dasar hukum Perbawaslu yang akan ditingkatkan pada hukum pidana ataupun administrasi.

"Nantinya jika adanya sengketa pemilu agar bisa lebih dulu diselesaikan di tingkat kecamatan. Sehingga kegiatan yang akan berlangsung serentak dalam memberikan instruksi apel siaga money politik secara nasional di hari tenang nanti akan dilakukan. Jadi jangan melakukan aktivitas yang melanggar aturan dan tetap di jalur kolidor yang benar karena kami terus akan dikawal dalam pelaksanannya," pungkasnya.

Gempa Bumi Magnitudo 6,9 Guncang Sulawesi Tengah, Berpotensi Tsunami, Begini Penjelasan BNPB

VIDEO Kepanikan Warga Luwuk Sulawesi Tengah Diguncang Gempa, Air Laut Surut

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved