530 ASN di Kabupaten Cirebon Tahun Ini Memasuki Masa Pensiun

Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon

530 ASN di Kabupaten Cirebon Tahun Ini Memasuki Masa Pensiun
Istimewa
Ilustrasi ASN 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon mencatat, ada sebanyak 530 Aparatur Sipil Negara (ASN) akan memasuki masa pensiun di tahun 2019.

Jumlah tersebut itu terdiri atas berbagai golongan mulai dari eselon II, III, dan IV dengan cakupan jabatan yang ada di beberapa setingkat Kepala Dinas, Kepala Bidang dan staf lainnya yang tersebar di tiap SKPD.

Oleh karena itu, diperlukan upaya khusus dalam mengisi sejumlah kekosongan pada pengisian posisi setiap jabatan dan penambahan pegawai agar kinerja pelayanan tidak terganggu.

Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi, mengakui, dengan adanya pengurangan dalam konteks pegawai dilingkungan kerjanya karena banyak banyak yang pensiun maka diperlukan strategi dalam pengisiannya.

Saat itu, kata dia, pihaknya masih melakukan pemetaan akan kekurangan pegawai di tiap SKPD yang memang menjadi kebutuhan.

"Kita masih terus memetakan kebutuhan pegawai yang ada dan kekurangnya berapa. Sehubungan dengan itu, kami juga telah mengajukan permohonan untuk penambahan ke Kemendagri. Prosenya bisa juga melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan juga pembukaan CPNS dan terus kami upayakan," katanya di Kedawung, Cirebon, Jumat (12/4/2019).

Dia menjelaskan, dalam menambah kebutuhan dalam konteks kebutuhan pegawai, pihaknya juga terus melakukan upaya dan langkah koordinasi tingkat pusat.

Cerita Adikara Fardy, Penyanyi Jazz yang Dikenal Lewat Media Sosial

Tahun ini, Pemkab Cirebon telah melakukan pembukaan CPNS bagi tenaga K2 yang memang menjadi tanggungjawabnya guna memenuhi kekurangan pegawai.

Dalam pelaksanannya sebanyak 365 orang telah dinyatakan lolos seleksi pembukaan untuk rekrutmen pegawai P3K yang dilakukan tahun ini.

"Jadi secara bertahap langkah yang dilakukan Pemkab dalam melakukan pembukaan untuk dan rekrutmen P3k terus dilakukan. Karna berdasarkan instruksi yakni rekrutmen diperuntukan sesuai kebutuhan dan kemampuan pada bidang yang ditekuni. Jadi kami terus berupaya dalam mengisi kekosongan pegawai agar kinerja pelayanan tetap maksimal," kata dia.

Diiming-imingi Latihan Silat, Tiga Bocah di Kabupaten Cirebon Jadi Korban Pencabulan

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, Supadi Priyatna, mengatakan, tahun ini ada 211 SK pensiun yang diperuntukan bagi 211 orang ASN yang memasuki Purna Bakthi.

Sisanya masih akan dilakukan pada fase dan tahap selanjutnya sesuai mekanisme yang ada.

"Para pensiun diharapkan untuk lebih bisa berkontribusi baik itu pemikiran dan gagasan yang dimiliki," kata dia.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved