Pondok Pesantren Ini Siap Tampung Caleg Stres yang Gagal Lolos dalam Pemilu 2019

Pondok Pesantren Nurul Firdaus di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis

Pondok Pesantren Ini Siap Tampung Caleg Stres yang Gagal Lolos dalam Pemilu 2019
istimewa
Pondok Pesantren Nurul Firdaus di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Pondok Pesantren Nurul Firdaus di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis siap menampung caleg stres yang gagal lolos dalam Pileg 2019.

Disediakan homestay khusus di lingkungan pondok pesantren yang berlokasi di kaki Gunung Sawal yang sejuk  tersebut untuk terapi dan relaksasi.

“Kami akan menggunakan hipnoteraphi, agar mereka lebih rileks tidak terus menerus depresi. Juga ada rukyah dan perlakukan medis. Kami menyebutnya teraphi NLP,” ujar  Dr H Gumilar, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Firdaus kepada Tribun Kamis (11/4/2019).

Di home stay khusus itu, caleg stres akan menjalani pengobatan selama 4 bulan. Di sini disediakan makanan, minuman serta laundry (all in) sampai mereka pulih dan bisa kembali ke rumah dengan kondisi kejiwaan yang fresh setelah menjalani terapi dan relaksasi.

Layanan homestay khusus untuk menampung caleg stres di Pondok Pesantren Nurul Firdaus,  kata Gumilar, sudah mempersiapkan 6 orang petugas (mentor) termasuk seorang dokter.

Umuh Muchtar Bocorkan Siapa Pemain Asing Asia yang Direkrut Persib Bandung, Tiba Pekan Depan

Pasca Pemilu tahun 2014 ada 13 caleg yang menjadi terapi di Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Mereka kebanyakan berasal dari wilayah Priangan Timur. Bahkan juga ada yang datang dari Bandung. Belum termasuk yang datang hanya untuk konsultasi .

“Mudah-mudahan Pemilu 2019 ini sukses tanpa ekses, sehingga tidak  ada caleg stres pasca pencoblosan. Mudah-mudahan mereka lebih siap secara mental dan fisik. Dan lebih siap secara politik,” kata Dr Gumilar.

BREAKING NEWS, Siswa Madrasah Tenggelam Saat Berenang di Curug Cikaso Cisompet Garut

Dan layanan homestay khusus yang disediakan Pondok Pesantren Nurul Firdaus tersebut tersebut Gumilar hanya sebagai bentuk antisipasi bila nanti ada caleg stres yang butuh bantuan  terapi.  

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved