H-6 Menjelang Pemilu, Disdukcapil Kabupaten Cirebon Bagikan 50.606 Lembar KTP-el

Tujuh hari menjelang Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon

H-6 Menjelang Pemilu, Disdukcapil Kabupaten Cirebon Bagikan 50.606 Lembar KTP-el
tribunjabar/siti masithoh
Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi (kiri) menyerahkan KTP-el kepada salah seorang camat di Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (11/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Tujuh hari menjelang Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon membagikan sebanyak 50.606 KTP-el di Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (11/4/2019).

Pembagian tersebut merupakan tahap ketiga, setelah sebelumnya pada tahap pertama dibagikan sebanyak 17.155 KTP dan tahap kedua sebanyak 28.437 KTP.

Dari jumlah penduduk Kabupaten Cirebon sebanyak 2.162.576 orang, yang berkewajiban memiliki KTP adalah 1.618.879 orang.

"Sampai hari ini yang sudah melakukan perekaman 1.654.352 orang atau 102,19 persen. Total KTP yang telah tercetak sampai hari ini 1.652.002 orang atau 99,86 persen," ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Mochamad Syafrudin, saat menyampaikan sambutannya, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, KTP tidak hanya dibutuhkan untuk kesuksesan pesta demokrasi, namun kebutuhan masyarakat untuk memenuhi proses layanan administrasi lainnya.

Tahap ketiga pembagian KTP-el itu dibagikan kepada camat yang nantinya akan disampaikan kepada kepala desa untuk dibagikan kepada masyarakat.

"Pelaksanaan pemilu berdasarkan keputusan MK, untuk identitas kependudukan kalau tidak ada KTP elektronik diizinkan oleh MK menggunakan Surat Keterangan (Suket)," katanya.

Usia Lanjut Tak Halangi Semangat Anggota Linmas Ini untuk Belajar Ilmu Beladiri

Pihaknya berharap seluruh penduduk yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun ini.

Sementara itu, Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi, meminta agar camat segera menyampaikan KTP kepada kepala desa dan memastikan diterima langsung oleh masyarakat.

Sebab, kata dia, hal tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"KTP ini sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat. Kita sudah selesaikan H-7 menuju pemilu. Saya berharap ini segera disampaikan," ujarnya.

Meski 2 Hari Tak Hujan, Perumahan GSR Rancaekek Tetap Banjir, Warga Minta Pengembang Atasi Banjir

Dia mengaku, dibagikannya KTP tersebut, membuat hatinya merasa tenang karena KTP sangat dibutuhkan masyarakat untuk proses administrasi.

"Apa yang kita lakukan pada dasarnya melakukan pelayanan kepada masyarakat. Di Disdukcapil juga sudah disertai aplikasi untuk melihat sampai mana proses pencetakan KTP. Hal itu tentu menghindari oknum yang dikhawatirkan masyarakat," katanya.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved