Tahun 2018 Lampaui Target, Tahun Ini Dispenda Kabupaten Cirebon Tetapkan Pemasukan Rp 45 M dari PBB

Target itu menilik pencapaian di 2018. Dispenda Kabupaten Cirebon menerima pemasukan lebih dari Rp 40 miliar atau 106 persen dari target Rp 38 miliar

Tahun 2018 Lampaui Target, Tahun Ini Dispenda Kabupaten Cirebon Tetapkan Pemasukan Rp 45 M dari PBB
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Pembekalan tata cara perbaikan SPPT PBB Tahun 2019 oleh Dispenda Kabupaten Cirebon di Hotel Apita Cirebon, Rabu (9/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Cirebon menargetkan lebih dari Rp 45 miliar untuk pajak bumi dan bangunan (PBB) pada tahun 2019.

Target itu menilik pencapaian pada tahun 2018. Dispenda Kabupaten Cirebon menerima pemasukan lebih dari Rp 40 miliar atau 106 persen dari target Rp 38 miliar.

Kepala Dispenda Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana, mengatakan, salah satu kendala pada pelayanan PBB adalah akurasi data yang tercantum dalam SPPT PBB yang menyebabkan berkurangnya kesadaran dan kepatuhan dalam membayar pajak.

Akibatnya, menurut Erus, akan berdampak pada piutang PBB. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, di antaranya tidak melaporkan kepemilikan baru setelah transaksi jual beli.

"Melalui sosialisasi perbaikan SPPT PBB ini, kami memberikan pemahaman perbaikan untuk akurasi data yang bisa memungkinkan terjadinya penurunan terhadap hutang PBB," kata Erus saat ditemui di Hotel Apita Cirebon, Rabu (9/4/2019).

Cuitan Mahfud MD Soal Kasus Penganiayaan Siswi SMP di Pontianak: Harus Ada Penegakan Hukum

Sosialisasi tersebut diharapkan dapat disampaikan kepada masyarakat oleh para petugas. Sehingga target yang ditetapkan bisa tercapai.

Dia mengimbau agar seluruh peserta bisa terus mensosialisasikan, menyadarkan, dan memfasilitasi wajib pajak PBB di lingkungannya masing-masing agar mencantumkan data yang akurat.

"Jangan lupa pula masyarakat diingatkan untuk membayar pajak sebelum jatuh tempo pada 30 November setiap tahunnya," kata dia.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved