Tanggul Sungai di Plumbon Cirebon Longsor, Jalan Hanya Bisa Dilewati Kendaraan Roda Dua

Tanggul sungai di Plumbon, Cirebon, longsor membuat jalan menganga. Pengguna jalan khawatir.

Tanggul Sungai di Plumbon Cirebon Longsor, Jalan Hanya Bisa Dilewati Kendaraan Roda Dua
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Kondisi tanggul sungai di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon mengalami longsor, Senin (8/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Diduga akibat diguyur hujan yang menyebabkan banjir, tanggul sungai di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon mengalami longsor.

Sebagian ujung jembatan mengalami ambles. Bahkan, salah satu beton penyangga jembatan mengalami kerusakan cukup parah.

Kondisi tersebut sudah terjadi sekitar satu bulan lamanya.

Menurut pantauan di lokasi, amblesnya jembatan itu membuat hampir separuh jalan jadi berlubang dan membahayakan kendaraan yang melintas.

Warga sudah memasang rambu di kedua ujung jalan sebagai pertanda kendaraan roda empat tidak diperbolehkan melintasi jalan itu.

Kini, jalan penghubung Desa Danamulya dan Desa Pangkalan, Kecamatan Plered itu hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja.

Sayang, di lokasi amblasnya jembatan itu tidak dipasang rambu-rambu agar para pengendara roda dua berhati-hati saat melintas di atas jembatan tersebut dan tidak terjebak masuk ke dalam lubang yang menganga.

Kondisi tanggul sungai di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon yang mengalami longsor, Senin (8/4/2019).
Kondisi tanggul sungai di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon yang mengalami longsor, Senin (8/4/2019). (Tribun Jabar/Siti Masithoh)

Menurut warga setempat, Sumina (67), longsor terjadi akibat banjir yang kerap menggerus tanggul tersebut sejak tahun 2018 lalu.

Akibatnya, aspal jembatan yang terbentang di atasnya ikut amblas. Kondisi tersebut dikatakan Sumina cukup mengkhawatirkan.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved