Menjelang Bulan Puasa, Harga Telur Terus Naik di Tingkat Peternak di Ciamis

Kenaikan harga telur di tingkat peternak tersebut akan berlangsung sampai menjelang bulan puasa bahkan sampai menjelang Lebaran.

Menjelang Bulan Puasa, Harga Telur Terus Naik di Tingkat Peternak di Ciamis
Tribun Jabar/Andri M Dani
Harga telur ayam ras naik tajam dalam seminggu terakhir di tingkat peternak di Ciamis dari Rp 21.000/kg jadi Rp 22.500/kg. Kenaikan diperkirakan akan berlangsung sampai menjelang puasa nanti, bahkan sampai menjelang Lebaran. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Dalam seminggu ini harga telur ayam ras ditingkat peternak di sentra perunggasan rakyat di Ciamis naik tajam dari Rp 21.000/kg jadi Rp 22.500/kg. 

Kenaikan harga telur tersebut akan berlangsung sampai menjelang bulan puasa bahkan sampai menjelang Lebaran.

“Bulan puasa memang sebulan lagi tapi sejak dua minggu terakhir harga telur ayam (ras) cenderung naik. Itu memang sudah menjadi kondisi psikologis menjelang bulan puasa apalagi nanti menjelang Lebaran, menyusul meningkatnya permintaan telur,” ujar H Akaw Kusnadi, Ketua Paguyuban Peternak Ayam Petelur Ciamis (P2APC) kepada Tribun Minggu (7/4/2019).

Seminggu lalu harga telur di tingkat peternak masih Rp 21.000/kg namun pada hari Sabtu dan Minggu (6-7/4) sudah bertenggger di angka Rp 22.500/kg.

Diperkirakan akan terus terjadi kenaikan menjelang mendekat hari puasa nanti (munggahan).

“Pada munggahan menjelang bulan puasa tahun lalu harga telur di kandang peternak mencapai Rp 25.000/kg. Itu di kandang, tentu di toko, di warung maupun pasar eceran akan lebih dari itu,” katanya.

Dengan harga telur di kandang Rp 22.500/kg tersebut, menurut H Akaw, peternak kini tengah menikmati untung mengingat biaya pokok produksi (BPP) telur berada di kisaran Rp 18.800 sampai Rp 19.000/kg.

Impian Terbesar Bek Persib Bojan Malisic Terungkap, Ingin Taklukan Gunung Tertinggi di Dunia

Harga Ayam Ras Pedaging Turun, Peternak Ayam di Ciamis Alami Rugi Rp 1 Milyar per Hari

Harga telur ayam ras dalam seminggu terakhir di tingkat peternak di Ciamis  naik tajam dari Rp 21.000/kg jadi Rp 22.500/kg. Kenaikan diperkirakan akan berlangsung sampai menjelang puasa nanti, bahkan sampai menjelang Lebaran.
Harga telur ayam ras dalam seminggu terakhir di tingkat peternak di Ciamis  naik tajam dari Rp 21.000/kg jadi Rp 22.500/kg. Kenaikan diperkirakan akan berlangsung sampai menjelang puasa nanti, bahkan sampai menjelang Lebaran. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Trend naiknya harga telur ayam ras tersebut ungkap H Akaw tidak hanya terdorong kondisi psikologis menjelang bulan puasa, terutama akibat anjloknya produksi yang dipicu kondisi cuaca ekstrem.

Cuaca harian yang beberapa minggu terakhir berubah drastic tiap hari, pagi dan siang panas terik dengan suhu udara yang tinggi namun sore hari hingga malam biasanya turun hujan lebat disertai angin kencang.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved