Cirebon Berpeluang Jadi Primadona Investasi di Pulau Jawa, Keunggulannya Banyak, Akses pun Mendukung

Kabupaten Cirebon berpeluang menjadi primadona investasi di Pulau Jawa. Punya banyak keunggulan dan akses mendukung.

Cirebon Berpeluang Jadi Primadona Investasi di Pulau Jawa, Keunggulannya Banyak, Akses pun Mendukung
Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Wahyuni (29), Ketua Koordinator Paguyuban Seniman Produktif, Kreatif, dan Berkebudayaan sedang merangkai kerajinan perahu di galeri Paguyuban Seni, Jalan Sunan Drajat Nomor 17, Kelurahan Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (22/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon, Deni Agustin, mengatakan, industri di daerah Cirebon saat ini terus mengalami perkembangan.

Hal itu menurutnya bisa dilihat dari data jumlah industri kecil dan menengah (IKM) yang sekarang sudah mencapai sekitar 14.200.

"Nah, ini tentu terus berkembang. Dan justru yang tumbuh berkembang lebih banyak ini industri kecil dan industri menengah. Memang industri besar juga ada peningkatan, tapi dalam jumlah yang tidak banyak. Tapi kalau untuk industri kecil dan menengahnya kami tumbuh dengan baik," kata Deni, Jumat (5/4/2019).

Dia menambahkan, selama ini pihaknya terus melakukan upaya-upaya agar IKM di Kabupaten Cirebon terus berkembang, sehingga mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat dan juga menggerakkan ekonomi daerah.

"Kami terus melakukan fasilitasi terhadap IKM-IKM kami terutama peningkatan SDM industrinya, terus kami beri pelatihan, kemudian kami fasilitasi standardisasi produknya agar lebih baik dan bisa diterima di market yang lebih luas," kata Deni.

Ia menambahkan, pihaknya juga memfasilitasi kemasan yang dihasilkan para pelaku usaha IKM ini dan juga kaitan marketingnya pun diarahkan, baik secara offline maupun online.

"IKM kami banyak yang bergerak di bidang makanan olahan, furniture, kerajinan, manufaktur, pertanian, perikanan dan lainnya," ujar Deni.

Menurutnya, Cirebon mempunyai potensi yang sangat luar biasa.

Bahkan, kata dia, jumlah industri yang ada se-Wilayah Ciayumajakuning, Kabupaten Cirebon adalah yang terbanyak.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved