OJK dan Pemprov Jabar Resmikan Bank Wakaf Mikro Berkah Umat Ciganitri di Pesantren Persis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan Bank Wakaf Mikro Berkah Umat Ciganitri di Pondok Pesantren Persis

OJK dan Pemprov Jabar Resmikan Bank Wakaf Mikro Berkah Umat Ciganitri di Pesantren Persis
Tribunjabar.id/Muhamad Syarif Abdussalam
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan Bank Wakaf Mikro Berkah Umat Ciganitri di Pondok Pesantren Persatuan Islam 84. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarief Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan Bank Wakaf Mikro Berkah Umat Ciganitri di Pondok Pesantren Persatuan Islam 84, di Ciganitri, Kabupaten Bandung, Sabtu (6/4).

Warga bisa menggunakan fasilitas keuangan tersebut untuk mengembangkan usaha kecilnya.

Ketua Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan selain di Ciganitri, Bank Wakaf Mikro pun diresmikan di Ciparay, Cirebon, Cianjur, dan Garut. Wimboh mengatakan berupaya akan terus mengembangkan kualitas dan kuantitas Bank Wakaf Mikro ini di Jawa Barat.

"Ini pengawasannya sangat gampang karena semua adalah niat ibadah, tulus dengan hati. Pengawasan mengenai tinggal berapa simpanannya, kegiatan ngapain saja, kita bisa tahu langsung lewat teknologi," kata Wimboh seusai meresmikan fasilitas tersebut.

Pinjaman yang diberikan kepada nasabah, katanya, dalam jumlah kecil dulu. Setelah berkembang, barulah ditingkatkan sehingga bisa membiayai usaha kelas menengah. Pihaknya pun sudah menyiapkan sketsanya.

Trotoar Jalan Stasiun Timur Kota Bandung Rusak Parah, Sudah Lama Dibiarkan

Wimboh meminta masyarakat yang mendapat pinjaman dari Bank Wakaf Mikro ini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkannya. Akan lebih mudah, katanya, jika para nasabah ini membentuk klaster dengan memproduksi produk yang sama.

"Kita tingkatkan produksi dan pemasarannya. Bisa dibuat klaster, misalkan kelompok perajin pindang, silakan aja. Kalau nasabahnya sudah banyak, kita dirikan lagi. Nanti masyarakat punya aktivitas, yang tadinya sulit, bisa hidup lebih mudah, sekolahkan anak bisa lebih mudah," katanya.

Wimboh mengatakan pihaknya akan terus hadir melakukan pembinaan terhadap Bank Wakaf Mikro ini. Jadi tidak hanya pembiayaan masyarakat kecil, bank ini bisa untuk memakmurkan di pesantren.

Perjalanan Karier Lee Sang-ho Sebelum Dapat Sanksi, Cemerlang Sayang Kelakuannya Buruk

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pihaknya berbagi tugas dengan OJK dalam meningkatkan perekonomian warga Jabar. OJK bertugas menyiapkan sistem, sedangkan tugas Pemprov Jabar melakukan akselerasi penambahan kualitas dan kuantitasnya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved