Sekarang Bayar Denda Tilang di Kantor Pos, SIM atau STNK Dikirim Langsung ke Rumah

pembayaran denda dan biaya perkara itu bisa dilakukan di Kantor Pos dan barang bukti pelanggaran lalu lintas seperti SIM serta STNK akan dikirimkan

Sekarang Bayar Denda Tilang di Kantor Pos, SIM atau STNK Dikirim Langsung ke Rumah
Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Kepala Kejari Kota Cirebon, M Syarifuddin (kiri), dan Kepala Kantor Pos Cirebon, Ade Ahadiat (kanan), menandatangani MoU Pembayaran Denda dan Biaya Perkara serta Pengiriman Barang Bukti Pelanggaran Lalu Lintas Melalui Kantor Pos di Aula Kantor Pos Cirebon, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Kamis (4/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Bagi Anda yang kena tilang di wilayah Kota Cirebon kini tidak perlu mengantre di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon untuk membayar denda dan biaya perkara pascaputusan sidang.

Pasalnya, pembayaran denda dan biaya perkara itu bisa dilakukan di Kantor Pos dan barang bukti pelanggaran lalu lintas seperti SIM serta STNK akan dikirimkan ke alamat pelanggar oleh petugas Kantor Pos.

Kejari Kota Cirebon dan Kantor Pos Cirebon telah menandatangani kesepakatan kerja sama Pembayaran Denda dan Biaya Perkara serta Pengiriman Barang Bukti Pelanggaran Lalu Lintas Melalui Kantor Pos.

Kepala Kejari Kota Cirebon, M Syarifuddin, dan Kepala Kantor Pos Cirebon, Ade Ahadiat, menandatangani langsung perjanjian kerja sama itu di Aula Kantor Pos Cirebon, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Kamis (4/4/2019).

Menurut Kajari Kota Cirebon, M Syarifuddin, inovasi semacam itu merupakan yang pertama kali di wilayah Jabar, Banten, dan DKI Jakarta.

"Sebelumnya Jawa Timur itu duluan kemudian Brebes, dan sekarang Kota Cirebon jadi pelopor di Jawa Barat," kata M Syarifuddin saat ditemui usai kegiatan.

Beda dari Pengendara Lain, Pengendara Motor Ini Tersenyum Ketika Ditilang, Sadar dengan Kesalahannya

Pasar Batik Trusmi Cirebon Masih Sepi, Mendag Minta Wisata Belanja dan Kuliner Dipadukan Jadi Satu

Ia mengatakan, melalui kerja sama itu masyarakat selain bisa membayar denda tilang dan mengambil SIM atau STNK setelah sidang tilang kendaraan di Kejari Kota Cirebon juga bisa membayarnya di kantor pos terdekat.

Selanjutnya SIM atau STNK pelanggar itu akan dikirimkan ke rumah yang bersangkutan oleh petugas PT Pos Indonesia dalam waktu 1 x 24 jam setelah membayar tilang di kantor pos terdekat.

"Tetap harus sidang dulu, baru nanti pembayaran denda hasil putusan sidang itu bisa dibayarkan melalui Kantor Pos," ujar M Syarifuddin.

Sementara Kepala Kantor Pos Cirebon, Ade Ahadiat, menyampaikan terima kasih kepada Kejari Kota Cirebon atas kepercayaan hingga terjalin kerja sama tersebut.

Menurut dia, untuk pembayaran denda tilang kendaraan pelanggar dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 20 ribu.

"Itu sudah termasuk biaya kirim SIM atau STNK ke alamat yang bersangkutan," kata Ade Ahadiat.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved