Pasar Batik Trusmi Cirebon Masih Sepi, Mendag Minta Wisata Belanja dan Kuliner Dipadukan Jadi Satu

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan, Pasar Batik Trusmi harus mempunyai daya tarik bagi pengunjung untuk

Pasar Batik Trusmi Cirebon Masih Sepi, Mendag Minta Wisata Belanja dan Kuliner Dipadukan Jadi Satu
tribunjabar/siti masithoh
Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, saat mengunjungi Pasar Batik Trusmi, Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Kamis (4/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan, Pasar Batik Trusmi harus mempunyai daya tarik bagi pengunjung untuk memasarkan produk batik yang menjadi icon Cirebon.

"Ini harus ada daya tarik, harus bisa menarik. Kalau ini berjalan begini saja, kasihan pedagang tidak lama lagi mereka akan tutup. Dia membuang waktu membuang biaya tetapi tidak ada pembeli," katanya saat ditemui di Pasar Batik Trusmi, Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Kamis (4/4/2019).

Dia menambahkan, saat ini Pasar Batik Trusmi harus ditata agar pembeli datang. Pasar harus dibuat menjadi lebih hidup.

"Saya tadi ngobrol dengan bupati, beliau mengusulkan ada sesuatu yang nanti akan dibuat dan mengirim surat ke Kementerian PUPR sekaligus saya akan antarkan ke sana," katanya.

Untuk membuat pasar tersebut menjadi hidup dan diminati pembeli, dirinya menyarankan untuk memadukan wisata belanja dengan kuliner.

Dia mencontohkan, ketika ada suami menemani istrinya belanja, suami akan memilih menunggu di tempat kuliner. Ketika ada kuliner, wisata belanja sangat dimungkinkan lebih menarik.

Tak hanya itu, Enggartiasto Lukita juga meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon untuk mengundang para pengusaha batik untuk membuka showroom di Pasar Batik Trusmi.

"Jadi ketika orang datang, sesudah itu akan dibawa ke batik di luar pasar ini dengan transportasi yang disiapkan. Ini harus ada entertainment, kalau hanya belanja orang tidak akan datang," katanya.

Selain memadukan wisata belanja dan kuliner, dia juga mengusulkan agar dibuat tempat untuk berswafoto bagi kaum milenial.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved