Konsisten Dorong UKM Ciptakan Peluang Usaha, JNE 'BALAREA' UKM Festival Digelar Sabtu Ini di Ciwalk

Industri logistik tumbuh, dorong JNE untuk terus mendukung UKM selaku pelaku industri kreatif untuk dapat terus meningkatkan kemampuan dan kreatifitas

Konsisten Dorong UKM Ciptakan Peluang Usaha, JNE 'BALAREA' UKM Festival Digelar Sabtu Ini di Ciwalk
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
(kiri ke kanan) : Jodi Janitra ( Ketua HIPMI Jawa Barat), Mayland Hendar Prasetyo (Deputy Director e-Commerce & Partnership JNE), Dhatu Rembulan (pelaku industri kreatif sekaligus entrepreneur fashion), dan Sebastian (Head of Marketing and Sales Dept JNE Bandung) berfoto di acara konferensi pers JNE 'BALAREA' UKM Festival, di kawasan Jalan Ir H Juanda, Kamis (4/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Di tengah pesatnya perkembangan ekonomi digital, JNE selaku perusahaan ekspedisi melihat industri kreatif sebagai bidang yang diproyeksikan menjadi penopang utama ekspor Indonesia pada masa mendatang.

Di saat bersamaan, industri logistik juga ikut tumbuh positif karena pemindahan barang dari produsen ke konsumen akhir membutuhkan logistik yang efisien dan tepat waktu.

Hal ini mendorong JNE untuk terus mendukung para UKM selaku pelaku industri kreatif untuk dapat terus meningkatkan kemampuan dan kreatifitas sehingga dapat menciptakan peluang usaha, bahkan dapat bersaing secara global, serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Berbagai program pengembangan UKM terus dilakukan secara aktif, termasuk di Bandung. Setelah sukses menggelar 15 seminar serta pelatihan UKM dengan menghadirkan narasumber inspiratif, JNE Bandung telah mengajak lebih dar 1.500 UKM untuk mendapatkan informasi, motivasi dan pelatihan UKM di 19 Kota dan Kabupaten Bandung.

Terkait hal ini, JNE Bandung berkolaborasi dengan para UKM menghadirkan JNE UKM Festival ‘BALAREA’ (Bandung Lautan Kreatif) 2019 untuk pertama kali dengan Tema “Festival Kreasi Urang Bandung untuk mendorong UKM Ciptakan Peluang Usaha di Era 4.0”.

Deputy Director e-Commerce & Partnership JNE, Mayland Hendar Prasetyo, mengatakan bahwa sejak awal dalam menjalankan bisnisnya JNE mendukung sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk diorbitkan di tingkat nasional.

Pada Agustus tahun lalu, lanjutnya, JNE bekerja sama dengan salah satu marketplace memilih 10 UMKM guna dibina agar bisa maju di level nasional hingga internasional.

"Kuncinya adalah user. Selama ini, barang yang dijual online, 7 hingga10 persen barang yang dijual adalah produk sendiri, sedangkan 90 persen merupakan produk luar negeri," kata Mayland dalam press conference di hotel kawasan Dago, Kamis (4/4/2019).

Mayland mengatakan bahwa selain itu berbagai program pengembangan UKM lainnya dilakukan di seluruh Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved