Dijual Seharga Rp 15 Jutaan, Biaya Produksi iPhone XS Max Ternyata Cuma Sepertiganya

Biaya produksi iPhone XS Max setidaknya mengambil 35% dari harga resmi iPhone atau sekitar Rp. 5,459,610

Dijual Seharga Rp 15 Jutaan, Biaya Produksi iPhone XS Max Ternyata Cuma Sepertiganya
digitaltrends
iPhone XS Max 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Apple dengan produk smartphone dan perangkat komputasinya selalu menjadi perbincangan yang seolah tidak pernah ada habisnya. Harga yang mahal melekat pada seluruh produk Apple sering konsumen tercengang dengan harga yang dipatoknya.

Banyak yang menyebutkan jika biaya bahan dan produksi iPhone tidaklah seberapa dibandingkan dengan harga merek yang membuat harga jual gadget ini menjadi tinggi.

Apakah hal ini benar? Untuk mengkonfirmasi hal tersebut, situs e-commerce berhemat CupoNation, mengumpulkan data dari biaya produksi iPhone dari masa kemasa dan membandingkannya dengan harga resmi iPhone saat peluncuran.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari 18 model iphone yang dirilis dari tahun 2008 hingga 2018, rata-rata presentasi biaya produksi iPhone hanya 33,07% dari harga resminya saat produk diluncurkan.

Meskipun biaya produksinya terbilang rendah, inovasi pada smartphone ini membuatnya begitu berharga. Ini membuat prolduk iPhone tetap diminati konsumen walaupun dijual dengan harga tinggi, di atas rata-rata smartphone lain.

Biaya produksi iPhone XS Max setidaknya mengambil 35% dari harga resmi iPhone atau sekitar Rp. 5,459,610

Salah satu model yang baru saja diluncurkan Apple adalah iPhone XS Max. iPhone model ini kembali dibanderol dengan harga cukup fantastis yaitu dimulai dari $1099 atau sekitar Rp 15.378.032.

Jika melihat dari biaya bahan dan produksi, untuk memproduksi satu unit iPhone XS Max maka setidaknya Apple harus mengeluarkan $390 atau setara dengan Rp 5,459,610.

Jika nominal tersebut disanding dengan harga resmi saat peluncuran, maka biaya produksi sebuah iPhone XS Max akan mengambil sekitar 35% dari harga jualnya.

Bagaimana dengan biaya produksi iPhone SE?

Halaman
12
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved