Batas Waktu Sudah Berakhir, 11 Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Belum Serahkan LHKPN

Batas waktu sudah berakhir, masih ada 11 anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang belum serahkan LHKPN.

Batas Waktu Sudah Berakhir, 11 Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Belum Serahkan LHKPN
Tribun Jabar/Isep Heri
Ilustrasi DPRD Kabupaten Tasikmalaya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Sebanyak 11 anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya masih belum menyerahkan dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Pihak Sekretariat DPRD hingga saat ini baru menerima 39 dokumen LHKPN.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Iing Faridz Khozin, mengatakan, hingga saat ini pihaknya mencatat masih ada 11 anggota dewan belum menyerahkan dokumen LHKPN masing-masing, padahal batas waktu terakhir penyerahan tanggal 31 Maret.

Namun karena dalam peraturan perundang-undangannya tak mengatur soal sanksi bagi yang terlambat melebihi batas waktu penyerahan, keterlambatan penyerahan LHKPN 11 anggota dewan itu tidak dipermasalahkan.

"Kami meyakini 11 anggota dewan yang belum menyerahkan LHKPN kemungkinan masih dalam proses. Mereka mungkin masih melakukan penyusunan. Kalau belum dikerjakan sama sekali itu tidak mungkin," kata Iing.

Pihak Sekretariat DPRD sendiri, lanjut Iing, sudah menyiapkan tenaga admin yang bisa membantu penyelesaian pembuatan LHKPN. Mereka sebelumnya mendapat pelatihan di Setda Kabupaten Tasikmalaya.

"Bagi anggota dewan yang membutuhkan bantuan, silakan gunakan tenaga mereka," ujarnya.

Terpisah, Pemerhati Pemerintahan, Evi Hilman, mengaku heran terhadap Undang-undang yang mengatur batas waktu penyerahan LHKPN tapi tidak disertai dengan sanksi bagi yang terlambat.

Dengan demikian, seluruh anggota dewan bisa melanggarnya.

"Di tingkat DPR RI saja masih ada yang belum melaporkan, Aapalagi di daerah. Di sini setiap anggota dewan dituntut untuk memiliki tanggungjawab moral. Penyerahan LHKPN, kan, salah satu wujud pertanggungjawaban kinerja anggota dewan kepada masyarakat," kata Evi.

Logistik Pemilu 2019 di Tasikmalaya Mulai Didistribusikan Pekan Ini

Ini Tanggapan Wakil Ketua KPK atas Saran Fadli Zon Soal LHKPN Dihapuskan

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved