UNBK Hari Pertama

Soal UNBK Tentang BJ Habibie Ternyata Berkesan

Dari 2 jam waktu yang disediakan untuk menjawab 50 soal Bahasa Indonesia itu ia punya kelebihan waktu 10 menit untuk mengoreksi kembali jawaban

Soal UNBK Tentang BJ Habibie Ternyata Berkesan
Tribun Jabar
PESERTA UNBK - Lia Kamila (kiri), siswi kelas XII IPA SMA Terpadu Cikanyere Rajadesa dan rekannya, Nurul Fuadah, siswi SMA Riyadul Hidayah (RH) Jatinegara, selesai mengerjakan UNBK hari pertama di SMA Informatika Ciamis, Senin (1/4) siang. 

CIAMIS,TRIBUN - Hari pertama UNBK di Ciamis Senin (1/4) berlangsung di 17 SMA Negeri dan 9 SMA Swasta. Salah satu SMA swasta penyelenggara UNBK di Ciamis adalah SMA Informatika.

Di sekolah yang berkampus di Jalan Bojoghuni, Ciamis tersebut ada 248 siswa peserta UNBK. Terdiri dari 193 siswa dari SMA Informatika, 55 orang lainnya gabungan dari 2 sekolah lainnya yakni SMA RH Jatinegara (31 siswa) dan SMA Terpadu Cikanyere, Rajadesa (24 siswa).

Mata ujian hari pertama UNBK tingkat SMA Senin (1/5) adalah Bahasa Indonesia. "Ada 50 soal yang harus dijawab," ujar Lia Kamila (18), siswi kelas XII IPA SMA Terpadu Cikanyere Rajadesa kepada Tribun seusai mengikuti UNBK hari pertama di SMA Informatika Ciamis, Senin (1/4) siang.

Belia anak ketiga dari lima bersaudara asal Dusun Cigoong Desa Sirnabaya Rajadesa Ciamis tersebut kebagian shift 2 yakni dari pukul 11.00 - 13.00 siang untuk mengerjakan soal-soal UNBK hari pertama tersebut.

Dari 2 jam waktu yang disediakan untuk menjawab 50 soal Bahasa Indonesia tersebut ia punya kelebihan waktu 10 menit untuk mengoreksi kembali jawaban-jawaban.

"Seluruh soal sudah dijawab, ada waktu sisa 10 menit dipakai untuk mengoreksi kembali jawaban soal. Setelah dicek, tidak ada jawaban yang diganti," katanya.

Dari 50 soal Bahasa Indonesia yang dikerjakan pada hari pertama UNBK Senin (1/4) tersebut menurut Lia, soal tentang mantan Presiden RI BJ Habibie adalah soal yang paling berkesan. "Dalam teks soalnya bercerita tentang keteladanan Pak BJ Habibie," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Nurul Fuadah (18), siswi SMA Riyadul Hidayah (RH) Jatinegara yang juga peserta UNBK di SMA Informatika.

"Dari 50 soal Bahasa Indonesia tadi memang banyak berisi teks-teks berita. Tapi soal yang paling berkesan memang tentang Pak BJ Habibie.," ujar Nurul siswi Kelas XII IPS SMA RH Jatinegara tersebut.

Menurut Nurul yang berasal dari Dusun Cibulakan Desa Sirnajaya Rajadesa dan menjadi santri di Pesantren Riyadul Hidayah Jatinegara ini, dari 50 soal Bahasa Indonesia ia membutuhkan waktu 1 jam 45 menit dari 2 jam waktu yang disediakan. "Ada sisa waktu seperempat jam, ya digunakan lihat-lihat soal lagi. Mana tahu ada yang salah jawab," katanya. (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved