Perkembangan Kasus Korupsi Jalan Cisinga Tasikmalaya, Sudah Penyidikan tapi Belum Ada Tersangka

Pada November 2018, Kejati Jabar sempat menggeledah sejumlah tempat di Kabupaten Tasikmalaya.

Perkembangan Kasus Korupsi Jalan Cisinga Tasikmalaya, Sudah Penyidikan tapi Belum Ada Tersangka
tribunjabar/isep heri
Jalur Ciawi-Singaparna (Cisinga) Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Pada November 2018, Kejati Jabar sempat menggeledah sejumlah tempat di Kabupaten Tasikmalaya. Di antaranya Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Tasikmalaya dan kantor perusahaan jasa kontruksi.

Penggeledahan terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi pembangunan jalan dan jembatan di Ciawi - Singaparna (Cisinga) dari APBD Tasikmalaya 2017. Lantas, bagaimana kabar dari pengembangan kasus itu?

Kasipenkum Kejati Jabar Abdul Muis Ali menerangkan, saat ini, penyidik masish melakukan proses pendalaman dari kasus itu. Seperti memeriksa alat bukti dan saksi.

"Kasusnya sudah dalam tahap penyidikan dan saat ini sedang dalam proses pendalaman, untuk menuju penetapan tersangka. Na‎mun, kami berhati-hati menetapkan tersangka karena penetapan tersangka sendiri merupakan obyek dari pra peradilan," ujar Abdul Muis via ponselnya, Minggu (31/3).

Pra peradilan adalah proses upaya hukum dari pihak-pihak yang berdasarka

Menjelang UNBK, SMAN 1 Rongga akan Laksanakan UNBK Dua Sesi

ah atau tidaknya Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) oleh penyidik.

Kata dia, dari hasil penyidikan sementara, penyidik sudah menemukan unsur perbuatan melawan hukum dari pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan proyek ini.

"Jadi unsur perbuatan melawan hukumnya ini, rekanan (pemenang tender proyek Cisinga) tidak melaksanakan pekerjaan sesuai kontrak. Terdapat selisih pekerjaan sehingga menimbulkan kerugian negara," ujar dia.

Tim Kejati Jabar yang menangani kasus ini, kata dia, memastikan bahwa penanganan dan pengungkapan kasus ini suah on the track. Selain itu, penyidik pun sudah mengantongi dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka. Hanya saja, ia kembali menekankan terkait penetapan tersangka, tim harus berhati-hati.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved