Cianjur Hantam Hoaks Dideklarasikan, Jika Dapat Informasi Jangan Asal Share

Cianjur Hantam Hoaks dideklarasikan untuk menangkal dan mencegah berita bohong.

Cianjur Hantam Hoaks Dideklarasikan, Jika Dapat Informasi Jangan Asal Share
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Seorang peserta menandatangani spanduk di acara Cianjur Hantam Hoaks, Rabu (27/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, mengajak warga Cianjur untuk menghantam berita hoaks.

Mereka mendeklarasikan Cianjur Hantam Hoaks di Aula Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Cianjur, Rabu (27/3/2019).

Dalam kegiatan Jabar Saber Hoaks tersebut dihadiri oleh Kepala Diskominfosantik Kabupaten Cianjur Teddy Artiawan, organisasi perangkat Daerah Cianjur, masyarakat, mahasiswa, dan pelajar.

Kepala Bidang Infokom Provinsi Jawa Barat, Dedi Darmawan, mengatakan, semua elemen masyarakat jangan mudah terperangaruh dengan isu-isu hoaks.

"Hoaks ini menjadi sentra perhatian kami khsususnya di Kominfo Provinsi Jawa Barat, karena saat ini hoaks ataupun berita bohong semakin bertambah," kata Dedi Darmawan.

Ia mengatakan, permasalahan hoaks itu berupa konten atau isi berita yang beredar di media, khususnya media sosial.

"Kalau dulu mungkin perang itu menggunakan senjata, akan tetapi saat ini lebih ke peredaran isu-isu hoaks. Dan yang lebih bahayanya masyarakat membaca langsung percaya dengan tidak menelaah terlebih dahulu. Dan itu sangat berbahaya," katanya.

Dedi mengatakan, Jawa Barat merupakan provinsi pertama yang membentuk tim saber hoaks.

"Beberapa daerah akan mengikuti langkah ini. Kalau tidak dibangun dari bawah tidak bersama-sama mungkin jauh lebih berbahaya, dan ini salah satu sarana dan upaya pemerintah mengatasi masalah hoaks, selain itu masyarakat juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial ini," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved