Sejarah Galuh

Hari Ini Kerajaan Galuh Berusia 1.407 Tahun, Ada Kirab Budaya Dipimpin Raja Tanpa Kerajaan & Mahkota

Ribuan orang berkumpul di Ciamis memperingati 1.407 tahun Ngadegna Galuh. Ada kirab budaya dan atraksi seni.

Hari Ini Kerajaan Galuh Berusia 1.407 Tahun, Ada Kirab Budaya Dipimpin Raja Tanpa Kerajaan & Mahkota
Tribun Jabar/Andri M Dani
Kirab budaya dan helaran dalam rangka memperingati 1.407 tahun “Ngadegna Kerajaan Galuh” di Ciamis Sabtu (23/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Sabtu (23/3/2019) ribuan orang berkumpul di Ciamis.

Hari ini, bertepatan dengan 1.407 tahun “Ngadegna Galuh” (berdirinya Kerajaan Galuh).

Kejayaan dan kebesaran Kerajaan Galuh diawali dengan berdirinya Kerajaan Galuh Purba di Kuta Galuh Purba (kini Situs Bojong Galuh Karangkamulyan) tahun 612 Masehi, 1.407 tahun lalu.

Hari ini, sejak pagi hari keturunan Galuh dari berbagai daerah serta perwakilan warga masyarakat adat se-Ciamis, Kabuyutan Galuh se-Ciamis yang tergabung dalam Galuh Sadulur maupun dari luar Ciamis seperti dari Pangandaran, Banjar, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, berkumpul di Keraton Selangga, Jalan KH A Dahlan, Gayam, Ciamis.

Juga ada utusan Raja dan Permaisuri berbagai keraton dari berbagai daerah di tanah air yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN).

Hadir juga berbagai potensi seni helaran dan padepokan silat, budayawan dan seniman. Mereka berkumpul dalam rangka “Mieling Ngadegna Galuh”.

Peringatan 1.407 tahun Ngadegna Galuh diawali dengan kirab budaya dari Keraton Selagangga terus ke bunderan Gayam, masuk ke Jalan Cokro,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Alun-Alun kemudian masuk ke halaman Pendopo Gedung Negara Ciamis.

Rombongan kirab yang dipimpin langsung Raja Galuh, R Hanif Radinal Mukhtar diterima di halaman pendopo oleh Bupati Ciamis, Drs H Iing Syam Arifin dan Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana.

Rombongan kirab dalam rangka Mieling Ngadegna Galuh kembali melanjutkan perjalanan. Diawali dengan kuda kosong dari Pulo Majeti Banjar di bagian paling depan.

Halaman
123
Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved