BKKBN Sosialisasi di Sukabumi, Antisipasi Ledakan Penduduk di Jabar, Program KB Itu Mudah

Ledakan penduduk mengancam Jawa Barat, kita harus kendalikan segera sebelum berbahaya. BKKBN sosialisasi ke warga Sukabumi.

BKKBN Sosialisasi di Sukabumi, Antisipasi Ledakan Penduduk di Jabar, Program KB Itu Mudah
shutterstock
Keluarga Berencana. 

TRIBUNJABAR.ID - Kunci keberhasilan revolusi mental adalah keluarga. Sebesar apapun mobilisasi untuk menggalakan revolusi mental oleh negara, dinas maupun Anggota Dewan, tidak akan berarti apa-apa tanpa peran serta keluarga.

Hal ini di dikatakan oleh Anggota DPR-RI Ibu Hj. Dewi Asmara SH.MH dari fraksi Partai Golkar dalam acara pentingnya Keluarga Berencana.

"Ledakan penduduk mengancam Jawa Barat, kita harus kendalikan segera sebelum berbahaya. Jadi bila dulu banyak anak banyak rejeki sekarang tidak pas lagi. Yang pas punya anak cukup 2 saja. Dengan punya 2 anak, pendidikan kesehatan dan kesejaheraan anak di masa depan akan lebih terjamin," ujarnya di Pasar Rebo Cikidang Kabupaten Sukabumi, akhir Februari lalu.

Menerapkan program KB itu mudah. Badan koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) selalu menekankan pentingnya menghindari 4T yakni melahirkan terlalu muda, terlalu banyak (anak), terlalu rapat (jarak kelahiran) dan terlalu tua. Dijamin program KB bakal sukses.

Di Desa Cidahu Sukabumi, BKKBN Sampaikan Program Poktan yang Penting untuk Keluarga

“Kalau  perencanaan itu saja sudah dipahami masyarakat, itu saja sudah sangat mendukung program KB,” ujar Rahmat Mulkan (Sekretaris BKKBN Provinsi Jawa Barat)

Kegiatan sosialisasi keluarga berencana juga berlangsung di Desa Cikiding, Kabupaten Sukabumi.

Rahmat Mulkan ( Sekretaris BKKBN Provinsi Jawa Barat) mengatakan Keluarga Berenca memiliki program unggulan yaitu Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) dimana mempunyai 3 makna yaitu, Kependudukan, Keluarga dan Pembangunan.

Dimana dalam melaksanakan hal tersebut dibagi menjadi 3 jenis pembinaan yaitu, Bina Keluarga Balita (BKB) Bina Keluarga Remaja (BKR) Bina Keluaga Lansia (BKL).

Ternyata Susu Almon Punya Manfaat untuk Kesehatan Karena Alasan Ini

Dalam melaksanakan 3 pembinaan tersebut harus dipadupadankan dengan 8 fungsi keluarga yaitu,: Agama, Sosial, Cinta Kasih, Perlindungan, Ekonomi, Pendidikan, Pelestarian Lingkungan, Reproduksi.

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved