Antisipasi Kerawanan Bencana, BPBD Kota Tasikmalaya Gencar Lakukan Sosialisasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tasikmalaya gencar melakukan sosialisasi antisipasi dan upaya mengahadapi bencana.

Antisipasi Kerawanan Bencana, BPBD Kota Tasikmalaya Gencar Lakukan Sosialisasi
ISTIMEWA
Ilustrasi: Foto banjir yang terjadi di jalan di pusat Kota Tasikmalaya, akibat hujan deras pada Februari 2019 yang beredar di media sosial. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tasikmalaya gencar melakukan sosialisasi antisipasi dan upaya mengahadapi bencana.

Hal itu dilakukan wilayah Kota Santri itu tergolong sebagai kawasan yang memiliki potensi kerawanan bencana.

"Menghadapi potensi bencana, apalagi curah hujan saat ini masih tinggi, kami tingkatkan kapasitas satgas dan relawan. Sosialisasi kami terus lakukan ke tingkat kelurahan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana daearah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, Kamis (21/3/2019).

Sosialisasi sampai ke tingkat kelurahan, dikatakan Ivan penting dilakukan karena saat terjadi bencana penanggulangannya harus segera.

Minimal saat kejadian, saat dia aparat kelurahan mengetahui dan mengambil tindakan.

"Kalau harus nunggu satgas, nanti terlambat penanganannya," ujarnya.

Cegah Bencana Kembali Terjadi, Pihak Kelurahan Akan Bangun Kirmir di Bantaran Sungai Cipanjalu

Selain ke tingkat kelurahan, sosialisasi penanggulangan kebencanaan juga dilakukan di tiap sekolah dan pengelola pusat keramaian yang ada.

"Khusus di sekolah-sekolah yang saat ini bertingkat, apa yang dilakukan guru-guru itu tidak hanya pengetahuan tapi harus dilatih melalui simulasi
karena melatih repleks anak didik," tuturnya.

"Kami sosialisasikan ke berbagai pihak termasuk pusat perbelanjaan. Kita tidak tahu kan bencana terjadi di mana, dan kapan," kata dia.

Dandim 0612 Tasikmalaya Tegaskan Anggotanya Harus Netral di Pemilu 2019

Kerawanan yang perlu diwaspadai kata dia ialah pohon tumbang akibat angin kencang yang menyertai turunnya hujan saat ini.

"Saya sudah minta ke cipta karya untuk dicek kondisi pohon di pinggir jalan. Kita kan gak mau pohon menimpa mobil, pejalan kaki, ini kan berbahaya," katanya.

"Kalau longsor dan pergerakan tanah tak terlalu signifikan. Walaupun ada di Tamansari, daerah Selatan, rawan juga. Kemudian gempa bumi yang tak bisa diprediksi," lanjutnya.

Jelang Lawan Thailand - Timnas U-23 Indonesia Bertekad Menang, Ini Komen Indra Sjafri & Ezra Walian

Ezra Walian Terancam Tidak Bisa Perkuat Timnas U-23 Indonesia Karena Masalah Ini

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved