398 Pelajar Ikuti Turnamen Pencak Silat Pasundan Cimahi Open Championship

Sebanyak 398 atlet pencak silat usia pelajar se-Jawa Barat mengikuti kejuaraan pencak silat bertajuk Pasundan Cimahi Open Championship (PCOC) 2019 yan

398 Pelajar Ikuti Turnamen Pencak Silat Pasundan Cimahi Open Championship
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Pembukaan Pasundan Cimahi Open Championship (PCOC) 2019 yang digelar di STKIP Pasundan, Jalan Permana, Kota Cimahi, Kamis (21/3/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sebanyak 398 atlet pencak silat usia pelajar se-Jawa Barat mengikuti kejuaraan pencak silat bertajuk Pasundan Cimahi Open Championship (PCOC) 2019 yang digelar di STKIP Pasundan, Jalan Permana, Kota Cimahi.

Turnamen pencak silat yang diikuti pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan tingkat dewasa itu digelar sejak 21 hingga 23 Maret 2018.

Jumlah atlet yang akan bertanding itu yakni pelajar SD sebanyak 138 orang, pelajar SMP 92 orang, pelajar SMA 95 orang, dan dewasa 83 orang.

Mereka akan memperlihatkan kemampuannya dalam dunia pencak silat selama mengikuti pertandingan.

Ketua STKIP Pasundan Cimahi, Dedi Supriadi, mengatakan bahwa PCOC tahun 2019 digelar untuk meningkatkan prestasi para atlet dan meningkatkan prestasi pembinanya dalam dunia pencak silat.

"Jadi dengan adanya event ini diharapkan prestasi pencak silat di Jawa Barat bisa lebih meningkat lagi, terlebih prestasi Jabar ini, baik pada event nasional maupun internasional cukup diperhitungkan," ujarnya usai pembukaan PCOC tahun 2019 di STKIP Pasundan Cimahi, Kamis (21/3/2019).

Terungkap Tujuan Utama KKB Tembaki Brimob di Papua, Ingin Gagalkan Pemilu, TNI Tambah Pasukan

Tak Ada Lagi Rasa Nyeri dan Susah Makan, Cara Ampuh Sembuhkan Sariawan Pakai Bahan Alami

Sejauh ini, kata dia, prestasi atlet pencak silat asal Jawa Barat sudah sangat menonjol.

Hal tersebut terbukti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Asian Games tahun 2018, saat para atletnya berhasil membawa beberapa medali emas.

"Pada event itu dari 21 nomor yang dipertandingkan, tujuh medali emas bisa diraih oleh atlet asal Jawa Barat. Jadi dengan adanya Pasundan Cimahi Open Championship, emas yang diraih atlet nanti, jumlahnya bisa meningkat," katanya.

Ia mengatakan, antusias para pelajar se-Jawa Barat dalam Pasundan Cimahi Open Championship ini sudah cukup tinggi dan untuk ke depan antusiasnya diharapkan bisa lebih tinggi lagi.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cimahi, Khaerul Sobar, menambahkan bahwa kelas yang akan dipertandingkan dalam kejuaraan kali ini yakni kelas pemasalan atau anak SD dan kategori prestasi.

"Jadi pemasalan itu merupakan kategori untuk anak SD, tujuannya untuk memperkenalkan pencak silat kepada anak usia dini. Sedangkan kategori prestasi itu dikhususkan bagi atlet SMP, SMA/SMK dan dewasa serta dari TNI," katanya.

Ia mengatakan, kejuaraan tersebut diharapkan bisa menjadi event tahunan, bahkan untuk meningkatkan prestasi atlet.

Selain itu, ada juga kejuaraan Jabar Open yang biasa digelar oleh IPSI Kota Cimahi.

Jelang Siklon Trevor, Ribuan Orang di Australia Dievakuasi, Apakah Badainya Berdampak ke Indonesia?

Persib Bandung Kontrak Syafril Lestaluhu Selama 3 Musim, Begini Kata Pemain Muda Itu

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved