Mengenal Pasukan Elit TNI AL Denjaka, Ini Awal Terbentuk dan Latihan-latihannya yang Ekstra Berat

Denjaka adalah pasukan khusus atau pasukan elite TNI AL yang mempunyai kehebatan luar biasa, bahkan disebut-sebut satu prajuritnya setara dengan 120.

Mengenal Pasukan Elit TNI AL Denjaka, Ini Awal Terbentuk dan Latihan-latihannya yang Ekstra Berat
istimewa
Denjaka 

TRIBUNJABAR.ID - Berbicara pasukan elite TNI yang mempunyai kehebatan luar biasa, tentu akan berbicara soal Detasemen Jala Mangkara yang disingkat Denjaka.

Denjaka adalah pasukan khusus atau pasukan elite TNI AL yang mempunyai kehebatan luar biasa, bahkan disebut-sebut satu prajuritnya setara dengan 120 TNI biasa.

Dilansir TribunJabar.id dari Kompas.com, Selasa (19/3/2019), berdiri pada 4 November 1982 dengan nama Pasukan Khusus AL (Pasusla), awalnya pasukan yang nantinya berubah jadi Denjaka ini bertugas menanggulangi ancaman aspek laut, di antaranya terorisme, sabotase, dan ancaman lainnya.

Akhirnya, pada 12 November 1984, dari Pasusla ini, terbentuklah Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka lantaran perkembangan prajuritnya yang begitu mumpuni.

Detasemen ini menjadi satuan antiteror di bawah komando pelaksana Korps Marinir untuk melaksanakan operasi antisabotase, antiteror aspek laut, anti-bajak pesawat udara, perang kota/hutan/pantai/laut dan inteligen.

Memiliki moto "Satya Wira Dharma", pasukan ini menggunakan seragam warna hitam dan memakai baret ungu.

Prajurit Denjaka ini ternyata berasal dari personel Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang dilatih beberapa aspek lain yang dibutuhkan, seperti aspek laut.

Harus Ber-IQ Tinggi

Tak sedikit yang bertanya, dari mana kemampuan di atas rata-rata bisa dimiiliki oleh prajurit Denjaka ini.

Ternyata, prajurit Denjaka benar-benar digembleng saat mengikuti pendidikan.

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved