Ternyata Wine Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung, Begini Penjelasannya

Bukan hanya sekedar minuman, ternyata wine memiliki manfaat untuk kesehatan jantung loh.

Ternyata Wine Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung, Begini Penjelasannya
Tribun Jabar/ Putri Puspita
Berbagai jenis wine di The Peak Citiport 

Laporan Wartawan Tirbun Jabar, Putri Puspita 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bukan hanya sekedar minuman, ternyata wine memiliki manfaat untuk kesehatan jantung loh.

Hal yang perlu diingat adalah jenis wine yang bagus untuk dikonsumsi untuk kesehatan adalah jenis wine merah.

Wine Sommelier (pemandu wine) Teh peak Citiport, Arif Putra, mengatakan bahwa wine merah terbuat dari fermentasi buah anggur, kulit anggur, biji anggur, dan sedikit pada bagian ujung batangnya sehingga rasa merah wine lebih sepat dibandingan wine lainnya.

Arif mengatakan bahwa wine merah mampu menurunkan kolsterol jahat, regenarasi kulit, dan kebanyakan digunakan untuk terapi jantung.

"Pada bagian kulit anggur ini terdapat senyawa  fenol atau flavonoid yaitu antioksidan kuat yang mampu melindungi jantung dari serangan radikal bebas," ujar Arif saat ditemui di The Peak Citiport, Jalan Lengkokng Besar No 8, Selasa (19/3/2019).

Anda Bisa Nikmati Sensasi Rasa Wine Bali yang Cocok dengan Lidah Indonesia di Sini

Di Garut, Ada Kopi Bisa Jadi Wine! Segini Harganya

Wine merah bisa digunakan untuk terapi jantung jika diminum sesuai kadar yang tepat, jika diminum dengan takaran yang berlebihan tentu saja akan membahayakan tubuh.

"Biasanya dokter menyarakan untuk minum 150 mili setiap harinya. Takaran yang lebih tepatnya sebaiknya dikonsultasikan ke dokter karena banyak faktor yang mempengaruhinya," ucapnya.

Ada hal yang perlu diperhatikan seperti ukuran tubuh, umur, jenis kelamin, tinggi badan, dan waktu yang tepat untuk meminumnya.

Dikutip dari artikel Kompas.com yang berjudul 'Wine Sehatkan Jantung',  menyebut bahwa penelitian di Eropa menunjukkan wine merah mengandung senyawa fenol yang lebih tinggi dari wine putih.

Fenol atau flavonoid merupakan antioksidan yang sangat kuat, sehingga mempunyai efek kardioprotektif (melindungi jantung dari serangan radikal bebas).

Flavonoid dapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat) 20 kali lebih kuat daripada vitamin E. 

Flavonoid terbukti mempunyai efek biologis yang sangat kuat sebagai antioksidan, menghambat penggumpalan keping-keping sel darah, merangsang produksi oksidasi nitrit yang dapat melebarkan pembuluh darah, dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Pada saat fermentasi wine merah, senyawa flavonoid yang kompleks terurai menjadi lebih sederhana, sehingga lebih mudah diserap tubuh ketimbang yang terdapat pada buah segar. 

Siapa Alexandra Mendez yang Bongkar Percakapan Nakal dengan Cristiano Ronaldo? Ini Foto-fotonya

Banyak Atribut Kampanye Dipasang di Terminal Cicalengka, Warga Mengeluh

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved