Pelaku UMKM Perlu Dibekali Pengetahuan IT untuk Kembangkan Usaha

Pembekalan dan pelatihan kepada pelaku industri kecil dan menengah (UMKM) sangat perlu digelar untuk mendongkrak perkekonomian.

Pelaku UMKM Perlu Dibekali Pengetahuan IT untuk Kembangkan Usaha
TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA
ilustrasi UMKM 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pembekalan dan pelatihan kepada pelaku industri kecil dan menengah (UMKM) sangat perlu digelar untuk mendongkrak perkekonomian.

Hal itu disampaikan politisi Nasdem Ade Sudrajat, ketika ditemui wartawan di Bandung, Senin (18/3/2019).

Ia mengatakan bahwa di daerah pemilihannya, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, banyak industri konveksi.

Mulai dari produsen celana denim jeans, baju, hingga baju koko. Bahkan, ada satu kampung diberi nama kampung hijab karena khusus membuat hijab.

"Ini potensi cukup kuat namun segmen pasar mereka memang ada di menengah bawah. Tentu artinya bahan baku yang sangat kompetitif yang murah," kata Ade kepada wartawan, Senin (18/3/2019).

Ade pun punya strategi untuk meningkatkan industri tekstil lokal naik ke menengah atas. Satu di antaranya adalah membina pelaku industri lokal tentang desain, membuat pola yang baik dan benar, serta peningkatan keterampilan menjahitnya.

"Bagaimana akses pasar menengah atas yang dihubungkan dengan kekinian yaitu pasar online. Dengan online pendapatan jauh lebih tinggi dari sekarang. Namun mereka juga harus dibekali ilmu pengetahuan tentang handphone yang berfungsi sebagai IT nya mereka. Bagaimana cara masuk online, bagaimana menawarkan, bagaimana pembayaran dan sebagainya," ujarnya.

Ade mengatakan bahwa itu adalah pengetahuan baru bagi pelaku UMKM, tapi bukan berarti tidak bisa dipelajari.

"Jadi tidak biasa dengan konsep untungnya diakumulasikan dalam kurun waktu misalnya enam bulan sekali atau satu tahun sekali karena keterbatasan modal dan sebagainya. Itu yang perlu sentuhan ini kompehensif pelatihan total dari a sampai z tentang bagaimana meng-upgrade diri," kata dia.

Dulu Ronaldowati Cilik Terkenal, Kini Nona Berlian Tumbuh Dewasa, Cantik dan Berambut Panjang

Sembilan Perahu Nelayan di Tuban Disapu Banjir Bandang, Para Nelayan pun Cari ke Laut

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved