Disdukcapil Kota Cimahi Tuntaskan Perekaman dan Pencetakan KTP-el, Bisa Digunakan untuk Pemilu

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi saat ini sudah menyelesaikan perekaman dan pencetakan

Disdukcapil Kota Cimahi Tuntaskan Perekaman dan Pencetakan KTP-el, Bisa Digunakan untuk Pemilu
TRIBUN JABAR/AHMAD IMAM BAEHAQI
ilustrasi rekam KTP-el 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi saat ini sudah menyelesaikan perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Perekaman dan pencetakan E-KTP tersebut dikebut agar warga yang wajib memiliki E-KTP di Kota Cimahi bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti.

Kadisdukcapil Kota Cimahi, M Suryadi, mengatakan, perekaman dan pencetakan E-KTP tersebut memang sudah semuanya selesai sejak beberapa hari terkakhir, kecuali datanya bermasalah saat proses pencetakan.

"Tapi untuk yang wajib E-KTP pada Pemilu 17 April nanti bisa mencoblos karena E-KTP-nya sudah selesai dicetak," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoram Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa (19/3/2019).

Data terakhir yang baru masuk, kata Suryadi, ada 88 orang yang sudah melakukan pemohonan KTP-el. Mereka terdiri dari warga yang pindah atau datang maupun warga yang baru menginjak usia 17 tahun.

Dulu Ronaldowati Cilik Terkenal, Kini Nona Berlian Tumbuh Dewasa, Cantik dan Berambut Panjang

"Sedangkan data perekaman yang baru masuk terakhir ialah sebanyak 75 orang. Hari ini akan diselesaikan (pencetakan) dengan catatan tak bermaslaah, tak duplicate record," ujarnya.

Berdasarkan data Konsolidasi Data Bersih (KDB), jumlah wajib KTP-el di Kota Cimahi mencapai 347.000 jiwa, namun jumlah itu dipastikan bertambah mengingat selalu adanya warga yang datang ke Cimahi dan warga yang menginjak usia 17 tahun.

"Tapi tak mungkin untuk merealisasikan pencetakan KTP-el hingga nol karena setiap harinya selalu saja ada warga yang mengajukan pembuatan KTP-el," ujar Suryadi.

Ridwan Kamil Mengaku Dalam Seminggu Hanya Kampanye 4 Jam untuk Jokowi-Maruf Amin, Benarkah?

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved